spot_imgspot_img

Rabu, Gubernur Lantik Pengurus IK-SMT Maluku Utara

TERNATE, AM.com – Gubernur KH. Abdul Ghani Kasuba dijadwalkan akan melantik pengurus Ikatakan Keluarga Sulabesi Mangole dan Taliabu (IK-SMT) Provinsi Maluku Utara bertempat di Duafa Center Kota Ternate pukul 20.00 WIT pada Rabu (23/3/2022).

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Maluku Utara, Rahwan K. Suamba saat dikonfirmasi, Minggu (20/3/2022) membenarkan bahwa, Gubernur dijadwalkan akan melantik pengurus IK-SMT Provinsi Maluku Utara.

“Iya insya Allah Pak Gubernur yang lantik pengurus IK -SMT Maluku Utara,”jelasnya singkat.

Sebelumya Ketua IK-SMT Provinsi Maluku Utara, Jailan Suamole mengkisahkan, IK -SMT Provinsi Maluku Utara ini baru terbentuk di Maluku Utara, dan dirinya dipercayakan sebagai ketua dan Mustamin Anwar Masuku sebagai sekretaris IK-SMT.

“Kami warga Sula, Mangole dan Taliabu selama ini punya paguyuban masih ditingkat masing-masing setempat tapi dengan IK -SMT ini menjadi wadah besar untuk orang mangole sula dan Taliabu,”katanya.

Dijelaskan, IK -SMT ini dibentuk pada bulan Desember dan rencana 23 Maret nanti akan dilakukan pengukuhan.

Jailan mengatakan, pengurus IK-SMT ini ada keterwakilan Sula, Mangole dan Taliabu, terdiri dari Sesupuh Hi. Ramli Umanailo dan Dewan Penasehat dari Taliabu, Arifin La Bunai dan Abdurrahman Drakel sebagai wakil dewan penasehat.

Lebih jauh dikatakan, tujuan dari IK-SMT dibentuk untuk menghimpun keluarga Sulabesi (Sula) Mangole dan Taliabu yang berada di Maluku Utara.

“Jadi nanti dibuat perwakilan di semua kabupaten/kota yang ada di Maluku Utara,”Ujar Jailan.

Meski begitu saat ini baru dibentuk di Provinsi. Ditempat yang sama ketua Dewan Sesepuh IK -SMT Provinsi Maluku Utara Hi. Ramli Umanailo menambahkan, organisasi paguyuban ini dibentuk untuk menggerakan seluruh potensi orang Sula, Mangole dan Taliabu di Maluku Utara baik ditingkat Provinsi maupun di seluruh Kabupaten/Kota yang ada.

Dimana seluruh aspek kegiatan sosial kemasyarakatan akan dikembangkan lewat wadah ini baik pendidikan, ekonomi, maupun hal- hal yang terkait politik yang selama ini biasanya masyarakat Sula Magole dan Taliabu itu banyak yang tidak mendapat bagian menyangkut masalah pemerintahan, politik dan sebagainya.

Oleh karena itu, lewat IK -SMT ini mencoba untuk menghimpun seluruh permasalahan yang ada didalam pemerintahan kemahalan, sosial kemasyarakat dan ekonomi yang ada di Maluku Utara.

Sementara Wakil penasehat IK -SMT Provinsi, Aburahman Drakel menegaskan, perlu ditekankan bahwa, Sulabesi, Mangole dan Taliabu dirinya selaku penasehat membina karena selama ini ada permasalahan untuk orang Sula belum tertata rapi.

“Kami dari penasehat tugasnya untuk membina dari kehidupan ekonomi, pertahanan keamanan sosial dan sebagainya,”tandasnya

Ketua panitia, Buhari Umasugi menuturkan, legalitas dari sebuah organisasi harus dilakukan pengukuhan.

Oleh karena itu pengurus nantinya dikukuhkan langsug oleh gubernur, KH. Abdul Gani Kasuba, dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sula dan Bupati Taliabu beserta Forkompinda juga Wali Kota Ternate, M.Tauhid Solemen.

Pelantikan dilaksanakan di Duafa Center pada Rabu (23/3/2022) pukul 20.00 WIT. “Harapannya IK-SMT dapat bergerak melaksanakan visi-Misi untuk Maluku Utara,”tutupnya. (El)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL