spot_imgspot_img

Sashabila Mus Siap Kembangkan Potensi Wisata Danau Likitobi

BOBONG, AM.com – Sashabila Mus, mengungkapkan ketertarikannya untuk mengembangkan kawasan wisata Danau Likitobi yang terletak di Kecamatan Taliabu Barat.

Danau tersebut dikelilingi tiga desa, yakni Kawalo, Woyo, dan Holbota. Menariknya, Kawalo merupakan desa tertua di Pulau Taliabu dengan sejarah panjang.

Menurut Sasha, yang perlu diperhatikan ialah soal kesiapan dari Desa Kawalo, Woyo, dan Holbota dalam menyambut para turis serta harus memiliki nilai jual.

Pandangan bakal calon bupati Pulau Taliabu itu bukan tanpa alasan, mengingat Kabupaten Pulau Taliabu memiliki berbagai destinasi pariwisata dan daya dukung untuk dikembangkan dan danau likitobi merupakan salah satunya.

Hemat Sashabila, beberapa langkah awal harus dilakukan untuk mengembangkan potensi Danu Likitobi. Diantaranya ialah penyiapan sarana dan prasarana, seperti inventarisasi dan pendataan terhadap sarana kesehatan, transportasi, telekomunikasi, usaha dan jasa pariwisata.

“Termasuk data untuk menggali potensi daya tarik wisata di sini. Saya lihat di sini adat dijaga, adat itu sangat diperhatikan. Karena itu butuh perda khusus untuk adat. Dan aturan-aturan itu butuh kita tulis, butuh kita cetak, butuh dilestarikan, sebab itu nilai jual. Kalau kita cuma jual wilayahnya saja, lalu tidak ada nilai-nilai sejarah, adat dan kulturnya maka tidak ada yang berkesan atau membekas kepada turis yang datang sehingga para turis tidak betah dan tidak mau balik lagi ke sini,”paparnya.

Selain keindahan alam yang dimiliki danau likitobi, tambah Sasha, potensi lainnya ialah terdapat banyak buaya sehingga kedepan dapat didirikan penangkaran.

“Katanya di sini banyak buaya, itu bisa kita buat penangkaran buaya sebagai salah satu objek yang nanti dikunjungi wisatawan yang nanti memiliki nilai ekonomis,”akunya.

“Selain buaya, di Kawalo sini juga ada benteng. Ini adalah potensi-potensi yang perlu dikembangkan sebagai tujuan wisatawan datang ke Danau Likitobi,”tambah Sashabila.

Sekadar diketahui, Kabupaten Pulau Taliabu memiliki potensi pariwisata yang besar. Destinasi-destinasi wisata itu di antaranya Pantai Pasir Anjing, Pulau Samada, Pulau Seho, Pulau Empat, Tanjung Kadipo, Tanjung Karamat, Pasir Putih di Lede, Air Terjun Kalimat, Pulau Tabila, Danau Likitobi, Pulau Woyo, dan air terjun di Kecamatan Tabona.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL