Gubernur Maluku Utara Jemput 1417 Wisman Di Ternate

Reporter : BL. Mayabubun.

TERNATE, AM.com-Gubernur Maluku Utara KH.Abddul Gani Kasuba (AGK) pada Jumat (9/2/2018) menjemput 1417 Wisatawan Manca Negara (wisman) dengan menggunakan kapal pesiar di Ternate. Pada Pukul 06.30 WIT bertempat di Pelabuhan Ahmad Yani Kelurahan Kota Baru Kecamatan Ternate Tengah telah tiba dan Berlabuh Kapal Pesiar Sartania berbendera Bendera IMO bermuda 8201480, dengan Nahkoda Kapal Capt. Robert Fonenbroek.

Kapal Tersebut bertolak Dari Pelabuahan Coron Philipines yang membawa Penumpang sebanyak 902 orang sesuai Cait beserta Crew 515 orang sesuai cait, netx port Ambon.

Kedatangan Kapal Pasiar (Cruise Ship) di Pelabuhan Ternate yang mengangkut Tourist manca Negara adalah salah satu event Internasional dalam rangka meningkatkan Promosi Perawisata di daerah Maluku Utara Khususnya di kota Ternate. Dimana agent Travel PT. Pelnas Bintang Timur Baru Bakti sebagai Penanggung jawab Yaitu Direktur PT. Pelnas Bintang Timur Baru Bakti Hi. Adnan Marhaban.

Kedatangan Penumpang turis Kapal tersebut disambut oleh Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba, Direktur PT. Pelnas Bintang Timur Hi. Adnan Marhaban, Forkompimda Malut dan Kota Ternate dan iringan Marching Band dari SMK Putra Bahari dan prosesi adat Joko Kaha
Gubernur KH Abdul Gani Kasuba menyampaikan, selaku gubernur mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan wisatawan sekalian di Malut khususnya Kota Ternate. “Kami menyambut tamu-tamu turis wisatawan dengan bahagia, atas kedatangan di daerah bersejarah ini,”ucapnya.

Dia berharap berharap agar Kunjungan ini akan dilakukan kembali lagi selain itu dengan segala kekurangan dalam penyambutan ia mengucapkan permohonan maaf.

Sementara itu, adapun tempat yang akan dikunjungi oleh Turis Wisatawan diantarnya, Cengkeh Afo, Fort Oranje, Pasar Tradisional, Danau Tolire, Batu Angus, Benteng Toluko dan Pantai Sulamadaha.

Para wisatawan melaksanakan kunjungan secara terpisah dan beberapa kelompok ada yg berjalan kaki dan ada yang menggunakan mobil travel.
Kadis Parawisata Kota Ternate Samin Marsaoly menjelaskan, Wisman membludak di Kota Ternate sekitar 10 jam berlansung wisatawan berasal dari Negara Bahamas Salah satu Negara yang berada di Amerika Serikat tersebut menggunakan kapal Artania dengan tujuan ke Indonesia dan Kota Ternate merupakan salah satu Kota di Indonesia yang menjadi tempat persinggahan pertama.

Dia mengaku, kedatangan wisatawan tanpa direncanakan, kedatangan wisatawan Manca Negara yag datang menggunakan kapal Artania berasal dari Negara Bahamas sebuah negara yang terdiri dari ±700 pulau di kawasan Karibia. Florida, Amerika Serikat terletak di sebelah barat, di Karibia,  berlayar dari Virlandia kapal tersebut membawa wisatawan sebanyak 1417 orang tersebut ada pula yang berasal dari Jerman, dari pelayaran tersebut Ternate merupakan titik persinggahan pertama di indonesia. “Kapal Artaniaberada di Ternate kurang lebih 10 jam turun di Many faces Sekitar 800 hingga 1000 yang turism,”ungkapnya.

Menurutnya selama di Ternate aktifitas para turisem tersebut secara mandiri, ada sebagian yang menggunakan wisata lokal,  karena para turis tersebut tidak dihendel oleh Travel Angen,  kapal hanya dihendel oleh agen peleyanannya saja.

Untuk itu,  pemerintah kota berinisiatif bersama dengan instansi terkait seperti pelindo melakukan jual paket tour lokal. “Dengan fasilitas yang kita punya dan lainnya Kebanyakan wisatawan lebih suka dengan heritage karena usia rata-rata wisatawan di usia senja sehingga mereka lebih menikmati harigae tersebut,”jelasnya.

Sementara itu,  kata Samin, untuk pelayaran berikut bakal berlansung ke Ambon, papua Nugini dan lainnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA