Tiga Pekan Tak Nikmati Air, Warga Jerbus Serempet ke PDAM

TERNATE, AM.com-Warga RT03 dan RT04 lingkungan Jere Busua, Kelurahan Tanah Tinggi Barat kecamatan Ternate Selatan, Senin (13/11/2017) melakukan unjukrasa di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Ternate. Buntut dari demontrasi yang nota bene para ibu-ibu ini, lantaran dilingkungan tersebut sudah 3 (tiga) pekan tidak mendapatkan air besih.

Pantauan reporter www.aspirasimalut.com menyebutkan, para ibu-ibu ini setibanya di Kantor PDAM langsung seremper masuk ke ruangan Kasie Distribusi PDAM Kota Ternate, Jhonny dan meminta agar petugas PDAM yang memegang kunci di daerah Jerebusua segera membuka kran air agar bisa mengaliri ke rumah – rumah warga saat itu juga.  “Kase bajalang tong pe aer cepat, tong sampe so tara bisa mandi, bacuci deng mumasa. Nanti kalau tong tara bayar baru dong cabut tong pe meteran air, deng denda,”ucap Ida salah satu perwakilan warga setempat.

Setelah beberapa menit kemudian, warga diterima oleh Kasie Distribusi untuk menjelaskan masalah air yang terjadi di Kelurahan Tanah Tinggi Barat. Salah satu warga RT 03, Hj Wanti mengatakan, aksi di PDAM ini, karena air sudah tidak mengalir selama tiga pekan.

Warga mengaku,   menerima  jika di Kelurahan Tanah Tinggi Barat air mengalir secara bergilir,  akan tetapi sudah dua minggu ini bahkan mandi ke WC pun tidak bisa.

Di Satu sisi warga sangat  dirugikan,  sebab, untuk membeli air   warga harus patungan.  bayangkan saja jika  beli air selama sebulan  terhitung satu tangki Rp75  000. sehingga warga merasa tidak mampu bertahan lama.

Para massa aksi mengatakan, sebelumnya  sudah dikonfirmasi ke PDAM,  namun diakuinta  ada  warga yang memegang  kunci falak. Oleh karena itu,kata masa aksi, masyarakat minta air mengalir seperti biasa, walaupun tidak setiap hari. Kemudian  jika ada warga  yang memegang kunci  falak harus diadili, sebab ini kewenangan pihak PDAM yang menyalahi aturan dan harus diadili sehingga ada efek jerah.

Wanti mengatakan, selama air tidak mengalir, tapi pembayaran air PDAM naik. Warga mentohkan salah satunya  Imam di  Jerbus, meskipun air tidak mengir  tetap bayar mahal.

Menanggapi itu,  Kasie Distribusi, Jhonny Bajo,  memastikan pihaknya akan turun ke kantor lurah dan menyurat agar ada himbauan ke warga. Bahkan, Jhony mengakui, jika disaat air jalan, terus setelannya terbuka itu berarti lampu di Skep   mati lampu  sehingga persediaan menurun. Karena kebutuhan air ini sangat vital, karena disaat giliran tapi tidak berjalan.

Terpisah,  Walikota Ternate,  Burhan Abdurahman, saat dikonfirmasi hanya janji bakal evaluasi Direktur PDAM   Kota Ternate,  karena sejauh ini air bersih masih menjadi polemik kalangan masyarakat.

Burhan menyampaikan, pemanggilan terhadap Dirut PDAM Saiful Jafar, agar dapat membenahi permasalahan air yang terjadi di dua kelurahan diantaranya Kelurahan  jan dan juga kelurahan Jerbus. “Saya sudah meminta kepada Dirut PDAM untuk benahi air-air yang masih menjadi keluhan masyarakat, ” jelasnya.

Dikatakan,  sementara diketahui  persis bahwa PDAM itu bekerja tergantung mesin jika PLN padam air pun ikut terganggu,  oleh karena itu,   untuk menyelesaikan masalah air bersih di Kota Ternate maka saat ini dibangun salah satu persediaan air di Ngade. “Kita tetap berusaha keras untuk bagimana masyarakat kota ternate ini bisa menikmati air nesih dengan mudah dan lancar,”ungkapnya

Menurutnya, Permasalahan Air bersih di Kota Ternate sudah menjadi polimik bebrapa kelurahan diantaranya, Kelurahan Jan dan Kelurahan Jerbus, sudah melakukan aksi terkait dengan pembagian air yang tidak kereta terhadap PDAM Kota Ternate, namun sejauh ini tidak ada titik penyelesayan masyarakat terus menderita krisis air beraih.

“Sudah saya sampaikan ke dirut coba harus diatasi kalu permasalahan slobar itu karna alam, tapi air jangan mati-mati lagi harus jalan terus dan saya sudah agak keras sampaikan bahwa coba tenaga dilapangan seperti tenaga tehnik itu pantau terus  jangan sampai ada mati baru turun lapangan, “tambahnya.

Untuk itu,  diharapakan agar tenaga tehnisi dilapangan harus terus adakan pantawan. Agar permasalahan tidak terjadi lagi. (mg-01)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA