spot_imgspot_img

Kementerian PUPR Apresiasi Permohonan Program Irine Roba

TERNATE, AM.com – Dalam kegiatan sosialisasi program Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR di Ternate (11/04/2024), Kasubdit Wilayah I Direktorat Operasi dan Pemeliharaan, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Elroy Koyari menyatakan apresiasinya kepada anggota Komisi V DPR RI, Irine Yusiana Roba Putri.

Elroy Koyari mengatakan terima kasih kepada Irine Yusiana Roba Putri sebagai anggota DPR dari Maluku Utara yang telah mendukung berbagai program kerja Kementerian PUPR dan bekerjasama secara baik dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku Utara.  

“Masyarakat Maluku Utara perlu berterima kasih kepada Bu Irine, karena saya tahu persis pengajuan program ini. Awalnya kuota untuk Maluku Utara hanya 50 titik, tapi setelah Bu Irine masuk, dan mengusulkan tambahan titik, akhirnya untuk tahun 2023 ada 97 titik di Maluku Utara yang menerima program ini,”kata Elroy, yang sudah empat tahun bertugas melakukan pembagian penerima program di seluruh Indonesia. 

Untuk tahun anggaran 2023, Kementerian PUPR mengalokasikan dana Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi atau P3-TGAI kepada  97 kelompok petani dari 29 desa di lima kabupaten, yaitu Haltim, Halteng, Halsel, Morotai, dan Halut.

Ini adalah program padat karya yang bertujuan meningkatkan kinerja layanan irigasi desa dan irigasi tersier. Untuk 97 kelompok tersebut, masing-masing kelompok menerima dana Rp 195 juta untuk melakukan rehab dan bangun baru saluran irigasi menuju sawah. Saat ini sedang tahap sosialisasi program, sementara tahap pembangunan akan dilakukan setelah lebaran. 

Dalam kegiatan sosialisasi itu, Irine Yusiana Roba Putri, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, menyatakan terima kasih banyak atas kerjasama dan dukungan dari seluruh jajaran Kementerian PUPR dari tingkat pusat hingga tingkat daerah.

“Terima kasih secara khusus saya sampaikan kepada Bapak Kalpin Nur, Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku Utara, yang telah menyiapkan jalannya program ini dan bekerja baik dengantim Irine Center sejak proses pendaftaran, verifikasi, hingga kini sosialisasi,”kata Irine.

Program P3-TGAI tahun anggaran 2023 dengan penerima 97 kelompok petani di Maluku Utara ini merupakan jalur aspirasi DPR RI, yang diusulkan oleh Irine bersama jaringan Irine Center di berbagai kabupaten/kota.

“Sasaran program ini adalah pemberdayaan petani dalam kegiatan perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi. Harapan saya dan pemerintah, program ini jangan sampai berhenti setelah pembangunan selesai. Tapi ini terus berlanjut, memberikan manfaat bagi lahan pertanian, untuk mencapai tujuan besar yaitu ketahanan pangan,”kata Irine.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL