Camat Pulau Hiri Dorong Pembangunan hingga SDM Pendidikan

Reporter: Dirman Umanailo

TERNATE,AM.com – Camat Pulau Hiri Pemerintah Kota Ternate, Iwan Bakar yang baru saja dilantik pada 19 November 2021 lalu, telah berkomitmen untuk mendorong persoalan Hiri ke Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, terutama Dermaga Hiri, SDM Pendidikan, dan tenaga Kesehatan.

Komitmen ini sesuai keinginan Warga Hiri. Dimana masyarakat meminta menyampaikan ke Pemkot Ternate terkait Dermaga yang terletak di Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Ternate Barat.

“Yang menjadi keinginan warga Hiri itu, Dermaga Hiri, distribusi air bersih, dan kekurangan SDM untuk pendidikan dan tenaga Kesehatan,” kata Iwan Bakar kepada Wartawan, Selasa (23/11/2021).

Iwan mengatakan, pembangunan dengan menggunakan tetrapod pada dermaga Pulau Hiri merupakan rencana Pemkot untuk membangun di Pantai Sulamadaha.

“Kami berharap di tahun depan pekerjaan ini sudah bisa direalisasi, sehingga aktivitas warga juga bisa menunjang perekonomian di Hiri,” harapnya.

Menurut dia, jika cuaca membaik, transportasi laut antara Hiri dan Sulamadaha begitu lancar. Yang ditakutkan itu, saat cuaca memburuk, maka armada sangat sulit berlabuh di dermaga.

“Arus di Sulamadaha itu kan tidak menentu, jadi kalau ombak sangat sulit para motoris berlabuh. Kalau Pemkot jadi pasang tetrapod pasti tidak ada masalah lagi,” ujarnya.

“Semoga Pemerintah Kota Ternate bisa membangun tetrapod, seperti yang disampaikan oleh Dinas PUPR Kota Ternate,” tuturnya.

Selain itu, dia menyampaikan soal air bersih di Pulau Hiri. Iwan bilang, air minum di Hiri begitu sulit, sehingga konsumsi warga dalam keseharian adalah air hujan. Untuk mandi dan mencuci pakaian, warga memanfaatkan sumur.

Dia menambahkan, selain tiga prioritas tersebut, dirinya juga mendorong pengembangan objek wisata. Dengan tujuan, agar ada peningkatan pendapatan UMKM bagi Warga Hiri.

Apalagi saat ini, Pemkot telah bekerjasama dengan PT Telkom dan sudah melaunching akses indihome bagi warga Hiri. Olehnya itu, masyarakat sangat bersyukur adanya internet.

“Karena adanya akses indihome bisa membantu masyarakat untuk lebih kreatif dan berinovasi untuk mengelola potensi dan Budaya di Hiri,” terangnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA