spot_imgspot_img

Cuaca Ekstrim di Taliabu, BMKG Himbau Masyarakat Waspada

BOBONG, AM.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Emalamo Sanana, mengungkapkan bahwa intensitas hujan di wilayah Pulau Taliabu masih tinggi.

“Intensitas hujan di Pulau Taliabu pada dasarian I Mei 2024 masih tinggi (165 mm),”ungkap Forecaster on duty BMKG Stasiun Emalamo Sula, Maulydia Andis Andini kepada Aspirasimalut.com, Rabu (15/05/2024).

Meski curah hujan masih tinggi, tambah Andini, namun hingga saat ini pihak BMKG belum menerima laporan terkait adanya kerusakan akibat dampak hujan lebat di wilayah Pulau Taliabu.

Selain itu, BMKG juga melaporkan intensitas curah hujan di Pulau Taliabu pada dasarian II-III Mei 2024 diperkirakan curah hujan dengan intensitas menengah antara 50-150mm.

“Dengan terjadinya hujan melebihi 150mm dalam satu dasarian maka dikategorikan hujan dengan intensitas tinggi. Cuaca demikian juga biasanya disertai dengan angin kencang dan guntur,”ujarnya.

Selain itu, dampak dari cuaca ekstrim ini (angin kencang, puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es) juga dapat menyebabkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin.

Tak hanya itu, Andini juga mengatakan dengan adanya angin kencang juga mampu menimbulkan gelombang di permukaan air laut yang saat ini juga secara bersamaan sedang berlangsung gelombang tinggi.

Hal itu terjadi baik di perairan utara maupun selatan Pulau Taliabu. Dengan adanya peningkatan kondisi tersebut, pihak BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap kondisi ekstrim ini,”imbaunya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL