Reformer Indrawati Fabanyo Lakukan Tata Kelola DAK dengan PESILAD Malut

SOFIFI,AM.com – Tata kelola menjadi kunci keberhasilan dalam segala urusan, terlebih soal pemerintah yang membutuhkan tata kelola yang lebih terstruktur dan sistematis.

Hal ini menginspirasi Indrawati Fabanyo (NDH 26) salah satu reformer dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Provinsi Maluku Utara tahun 2022  mengambil tema aksi perubahan.

“Penataan Sistem Pelaporan DAK Fisik Maluku Utara” yang diakronimkan PESILAD MALUT.

Proyek perubahan yang digagas oleh Indrawati yang juga Kepala Sub Bagian Penataan Administrasi Pembangunan ini mendapat apresiasi dari Asisten II Setda Provinsi Maluku Utara, Sri Hariyanti Hatari, saa membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas di Meeting Room Austin Hotel Kelurahan Gamalama kota ternate pada hari Sabtu (14/01/2023).

Dalam pembukaannya. Sri mengucapkan selamat datang kepada para Peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Provinsi Malut yang hadir pada kegiatan FGD karena mengingat kegiatan ini sangat penting untuk memiliki pemahaman terkait tata kelola.

“Besar harapan saya untuk kiranya dapat berpartisipasi dan mendukung penuh pelaksanaan FGD ini,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan otonomi daerah maka daerah diberikan ruang secara mandiri dan supaya kewenangan pemerintah daerah dapat berjalan dengan maksimal, pemberian Dana Alokasi Khusus oleh pemerintah pusat sangatlah dibutuhkan.

“Pemerintah Provinsi Maluku Utara menyadari, bahwa saat ini ketergantungan kita terhadap transfer pemerintah pusat terutama Dana Alokasi Khusus (DAK) ke daerah sangatlah penting. Sebab DAK adalah sumber pendanaan yang rill untuk membantu mendorong percepatan proses pembangunan di daerah,” ungkapnya.

“Saya berpesan untuk kita terus tingkatkan kerjasama dan koordinasi antar OPD, agar tata kelola dan pelaksanaan serta pemanfaatan DAK di Provinsi Maluku Utara berjalan sesuai dengan harapan dan keinginan kita bersama,” katanya.

Sementara itu, Indrawati berharap agar inovasi yang coba digagasnya itu dapat berimplikasi baik terhadap pembangunan daerah.

“Sebagai kasubag yang membidangi Penataan Administrasi Pembangunan, Konsen kami adalah membantu untuk memaksimalkan langkah-langkah penataan Administrasi guna menghasilkan data pembangunan yang berimbang dan berkualitas serta tidak mengabaikan Aspek manfaat,” ungkapnya.

Kegiatan PKP yang diikuti oleh Indrawati Fabanyo, mendapat dukungan penuh dari Plt. Kepala Biro Adbang Setda Prov. Malut Drs. Irwan A. Husen, M.Si serta para Kabag dan staff di lingkup Biro Adbang Setda Provinsi Maluku Utara.

Tampak hadir dalam Kegiatan FGD ini yakni perwakilan OPD yang terkait dengan Pengelolaan DAK Fisik Maluku Utara yakni dari , Bappeda, Dikjar, BPKAD, serta tim efektif Reformer dari Staff Biro Adbang Setda Prov. Malut.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA