Dokumen Master Plan Smart City Diterima, Kemenkominfo Beri Cendera Mata Khusus ke Pemkot Ternate

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate Dhamis Basyir menyerahkan dokumen master plan smart city dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia kepada Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman dan Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly pada Rabu (4/1/2023).

Dhamis mengatakan, dokumen tersebut dihasilkan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) sebanyak empat tahap, mulai pada Bulan Juli, Agustus, September, dan Oktober 2022. Dari hasil Bimtek itulah Pemerintah Kota Ternate mendalatkan dokumen master plan smart city dari Kemenkominfo.

“Dokumen ini diserahkan langsung kepada Kementerian Kominfo kepada Pemerintah Kota, dan tadi saya yang serahkan kepada Wali Kota, agar dilaporkan kembali kepada Kementerian bahwa dokumen telah diterima oleh Kepala Daerah,” ujarnya.

Bukan saja dokumen, bahkan kata dia, Kemenkominfo juga memberikan plakat terkait dengan salah satu kota dari 50 Kabupaten/Kota yang menyelanggarakan Bimtek penyusunan dokumen master plan smart city Tahun 2022.

“Plakat atau cendera mata itu saya sudah berikan ke Wali Kota, karena Kota Ternate adalah salah satu Kota dari 50 Kabupaten/Kota yang menyelanggarakan Bimtek,” tuturnya.

Ia menyebutkan, ada tiga dokumen, satunya diserahkan kepada Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly sebagai perencanaan pembangunan.

Dalam percakapan, Rizal menuturkan, pihaknya akan membuat SK Wali Kota terkait program yang disesuaikan dengan program smart city.

“Program smart city terdapat enam dimensi utama, yakni smart gavernance, smart branding, smart living, smart sociaty, smart economy, dan smart environment,” jelasnya.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA