spot_imgspot_img

Fixpoll Indonesia: TIVA Paling Populer dan Disukai di Haltim

TERNATE,AM.com – Hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Fixpoll Indonesia di Kabupaten Halmahera Timur, sejak tanggal 02 November sampai dengan tanggal 06 November tahun 2020 dengan jumlah 440 responden, terkait Potret perilaku masyarakat dan menakar peluang calon bupati dan calon wakil bupati di Kabupaten Halmahera Timur.

Mendapati pasangan calon bupati Haltim nomor urut satu, Thaib Djalaluddin – Noverius A. Bulango (TIVA) paling populer dan disukai oleh responden. Mengalahkan pasangan calon nomor urut dua, Ubaid Yakub-Anjas Taher (SUBA) dan pasangan calon nomor urut tiga, Moh. Abdu Nazar – Azis Hajarat (MONAS).

“Ada beberapa aspek yang kami ukur yang pertama awarebess Pemilukada di Haltim dan ditemukan, 92 persen warga Halmahera Timur sudah tahu akan adanya pemilihan kepala daerah. 77,3 persen warga sudah mempunyai calon bupati dan wakil bupati yang akan dipilih, sementara tingkat popularitas semua kandidat signifikan diangka 90 persen dan Thaib Djalaluddin adalah kandidat paling popular mencapai 95,7 persen dan paling disukai 93,9 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia, Anas AR saat melakukan rilis hasil survei di meetroom hotel Muara Ternate, Selasa (10/11/2020).

Anas bilang, hasil ini berdasarkan sampel yang berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah penduduk. Jumlah Responden dalam survei ini sebanyak 440 responden dengan proporsi 50:50 laki-laki dan perempuan.

“Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error sebesar kurang lebih 4,66 peren pada tingkat kepercayaan 95 persen,” ujar direktur lembaga survei yang sudah diverifikasi KPU itu.

Selian itu, didapati pula elektabilitas kandidat pasangan Thaib Djalaluddin-Noverius A. Bulango unggul 37,7 persen dari kandidat lainnya di posisi runnep up paslon Ubaid yakub- Anjas Taher 27,3 persen, sedangkan paslon Moh. Abdu Nasar- Aziz Ajarat 16,1 persen. Dan dibayangi 18,9 persen yang belum menyatakan suara.

“Dari hasil ini, 57,7 persen Masyarakat telah memantapkan pilihannya dan masih ada 42,2 persen warga belum mantap dan tidak tahu yang memungkinkan pilihannya masih berubah. Strong Voters Paling tinggi adalah paslon nThaib Djalaluddin-Noverus A. Bulango yaitu 23,6 persen dari 37,7 persen base elektabilitasnya disusul paslon nomor 2 Ubaid yakub-Anjas Taher yaitu 16,8 persen dari 27,3 persen kemudian paslon nomor urut 3 Moh. Abdu Nasar- Aziz Ajarat yaitu 16,1 persen dari 16,1 persen,” ungkapnya.

Fixpoll juga menyoroti terhadap penguasaan basis masing-masing paslon, dimana TIVA lagi lagi unggul pada 6 kecamatan. Yakni, Kota Maba, Maba, Maba Selatan, Mabah Tengah, Wasile, Wasile Utara.

“Sementara, Ubaid-Anjas Unggul di 4 teritorial yaitu Maba Utara, Wasile Selatan,
Wasile Tengah dan Wasile timur. Sedangkan paslon nomor urut 3, tidak unggul diteritori manapun tapi signifikan di 4 Teritorial yaitu Wasile, Wasile utara, Maba tengah, Maba Utara,” paparnya.

Terkait politik uang, Fixpoll juga mendapati fakta bahwa, 83,6 persen warga Haltim berpendapat politik uang bisa dibenarkan dan 46,8 persen menerima uangnya lalu memilih kandidat tersebut dan 38,0 persen yang menerima uangnya namun tidak memilih calon yang memberi uang tersebut.

“Jadi politik uang selain merusak proses demokrasi ternyata juga tak efektif di Haltim. Justru, Patron Klien yang paling diikuti anjurannya dalam hal pemilu atau pemilukada adalah kepala desa 30,2 persen Tokoh agama 23,4 persen dan Keluarga 20,5 persen,” jelasnya. (∆)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL