spot_imgspot_img

HUT PUPR ke 78, Gubernur Malut Harap Infrastruktur Capai Target

SOFIFI, AM.com – Gubernur Provinsi Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba berharap diakhir masa jabatannya, pembangunan infrastruktur di Maluku Utara dapat terlaksana sesuai target.

Harapan ini disampaikan Gubernur saat ramah tamah bersama pegawai Di lingkup Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara dalam rangka Hari Bakti PUPR ke 78 tahun, pada Senin (4/12/2023).

HUT PUPR diawali dengan upacara dan dirangkaikan dengan ramah tamah dan pembagian hadiah pemenang lomba dalam rangka perayaan HUT PUPR ke 78.

Gubernur mengungkapkan, hari terakhir dirinya mengikuti HUT PUPR Tahun ini.

Gubernur mengaku, harapanya semoga diakhir masa jabatan infrastruktur secepatnya dapat diselesaikan.

“Walaupun tidak selesai semua tetapi paling tidak masyarakat sudah bisa menikmati. Meskipun jalan masih sirtu sebagian tetapi usahakan Tahun ini sesuai target,”harapnya.

Sebelumnya Upacara Hari Bakti PUPR dengan tema “PUPR Sigap Membangun Negeri” dipusatkan di lapangan Dinas PUPR Maluku Utara, Sofifi. Asisten Gubernur Mulyadi Wuwor bertindak sebagai inspektur upacara Hari Bakti PUPR ke 78 tahun.

Turut hadir Kadis PUPR Maluku Utara Daut Ismail, Kepala- Kepala Bidang Dinas PUPR Maluku Utara dan seluruh ASN, perwakilan BUMN, dan stagholder lainnya.

Mulyadi Wowor, mewakili gubernur Maluku Utara, membacakan sambutan Menteri PUPR RI, mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan PUPR yang telah bekerja keras dan mendedikasikan diri atas pengabdiannya selama ini.

Dia juga membacakan lima pesan menteri PUPR yakni yang pertama, mendukung penyelenggaraan event-event internasional, seperti KTT ASEAN ke-42 di
Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta
Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 2023 FIBA Basketball World Cup di kompleks GBK, serta Piala Dunia U-17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan
Jawa Timur.

Kemudian yang kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja. Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pem-bangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat
pengembangan olahraga.

selanjutnya yang ketiga, melanjutkan pembangunan Proyek strategis Nasional (PSN) dimana 88 PSN telah selesai (seperti bendungan, jalan tol, irigasi,
sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah).

Lebih lanjut kata dia, Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi Rp 5,4 juta orang.

Sejak 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya.

Dan yang terakhir sesuai Inpres nomor. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak Juli 2023 sepanjang 3139 km dan 2682 meter jembatan di 33 Provinsi.

“Diharapkan semua pekerjaan dapat kita tuntaskan pada akhir 2023 dan akan kita lanjutkan di tahun berikutnya. Seluruh capaian pembangunan infrastruktur PUPR diatas dapat terwujud karena kerjakeras, kekompakan, kebersamaan dan kerjasama dari seluruh unsur terkait, termasuk mitra kerja PUPR,”pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL