spot_imgspot_img

Antisipasi Krisis Pangan, Pemprov Malut Bangun Gudang Cadangan Pangan

SOFIFI, AM.com – Untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan maka, Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Pemprov Malut) melalui Dinas Pangan telah menganggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi. Dimana, saat ini sudah mulai dilakukan pembangunan gudang cadangan pangan di enam Kabupaten/Kota.

Pasalnya, mengantisipasi ancaman tersebut dari hasil Rapat Koordinasi (Rakor) dan capaticy building tim pengendalian inflasi daerah (TPID) Se-Provinsi Maluku Utara yang dilaksanakan oleh biro ekonomi Setdaprov di red Corner Resto Rabu (23/08/2023) siang tadi.

Dalam Rakor terdapat saran dan masukan diantaranya, kesepakatan berbagai langkah strategis antara lain, percepatan pertanaman, perluasan areal tanam baru, penguatan cadangan pangan. Bahkan juga menguatkan diversifikasi pangan dengan mengembangkan pangan lokal.
Untuk itu salah satu langka penguatan cadangan pangan dengan membangun gudang cadangan pangan dan itu sedang dalam pembangunan saat ini.

“Tahun ini kita bangun di enam Kabupaten/Kota,”Kata Kadis Pangan Dheni Tjan kepada wartawan Rabu (23/08/2023).

Disebutkan pembangunan gudang cadangan pangan tahun ini, yakni Kota Ternate, kota Tidore Kepupulauan, Pulau Mortai, Halmahera Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu.

Dikatakan, pembangunan gudang pangan terutama untuk beras bisa di tampung untuk cadangan pangan sehingga sewaktu- waktu bisa di manfaatkan.

Dijelaskan, untuk mengantisipasi krisis pangan ini Pemprov Maluku Utara juga sudah ada Peraturan Daerah (Perda) tentang cadangan pangan pemerintah daerah.

“Jadi kita berharap gudang yang di bangun bisa dimanfaatkan oleh Kabupaten/Kota untuk menyimpan komoditi pangan,”harapnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL