Selisih 3 Triliun Lebih, Wahda : Itu Kesalahan Bappeda

SOFIFI, AM.com – Temuan Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara, atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban ( LKPj ) Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, cukup fantastis mencapai Rp 3 triliun lebih.

Dalam temuan Pansus LKPj gubernut itu, bahwa Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi dalam menyusun LKPJ tidak melakukukan konfirmasi yang baik dengan Badan Pengelolahan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), sehingga terjadi selisih data pelaporan Bappeda dengan angka keuangan Pemprov di  BPKAD.

Ketua Pansus LKPj, Wahda Zainal Imam menyebutkan, pendapatan pada Tahun 2022 sebesar 3 Triliun lebih namun ada masalah besar yang Pansus Temukan.

“Ada masalah besar yang kami temukan, dimana Bappeda mengimput data dari OPD untuk LKPj ternyata data keuangan tidak dia imput secara baik sehingga data keuangan di LKPj Gubernur dan data data keuangan bertolak belakang jauh lebih”,ujarnya.

Wahda menambahkan, terkait masalah itu sehingga Pansus meminta kepada Bappeda untuk segera memperbaiki penginputan data terkait keuangan daerah pada Tahun 2022.

“Makanya kami minta kepada Bappeda untuk dapat perbaiki data keuangan yang ada karena dia tidak mendiskripsikan data dari  keuangan secara baik mengakibatkan kesalahan besar data yang ada di LKPj dan data yang disampaikan kepada BPKAD, Ahmad Purbaya”,Ungkapnya

Untuk itu, lanjut Wahda, tidak ada singkronisasi tentunya sangat jauh berbeda. Ia menilai kesalahan dan selisih angka keuangan OPD itu kesalahan di Bappeda.

“Salah ada di Bappeda karena Bappeda kan yang buat LKPj itu,”katanya.

Meski tidak disebutkan, namun menurutnya perbedaannya sangat besar dengan selisih perbedaan Rp 3 Triliun lebih dan dibenarkan oleh kepala BPKAD Ahmad Purbaaya bahwa Bappeda tidak koordinasikan ke Keuangan secara baik.

Wahda menegaskan, perbedaan itu sehingga terjadi perbedaan  yang seharusnya Gubernur perbaiki itu.

Oleh karena itu Bappeda akan diundang kembali pada rapat Senin  hari ini. “Selisi perbedaan 3 Triliun lebih,”Tandasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL