spot_imgspot_img

Bupati Taliabu Hadiri Forum SPBE di Jakarta

Reporter : Asrul

BOBONG, AM.com – Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Aliong Mus menghadiri forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit yang dilangsungkan di Hotel Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Senin (20/03/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bersama Tim Koordinasi Nasional itu dilakukan dalam rangka mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia.

Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Aliong Mus menjelaskan, akselerasi digital tidak akan sukses tanpa adanya kolaborasi secara komprehensif antar-instansi. Olehnya kegiatan tersebut juga melibatkan seluruh pimpinan pusat dan kepala daerah agar memahami arah kebijakan SPBE sekaligus mendapatkan insight dari instansi pemerintah yang berhasil melaksanakan SPBE.

Aliong mengatakan, Pada acara tersebut juga dihadiri sedikitnya lima menteri untuk menyampaikan arahan strategis dalam upaya percepatan SPBE dan prioritas program Presiden.

“Diantaranya adalah Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas yang akan menyampaikan arah strategis SPBE Nasional; Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD; Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy; Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan.

“Masing-masing Menko menyampaikan arahan strategis sesuai bidangnya yakni Polhukam, PMK, Perekonomian, dan Marves. Sementara untuk praktik baik SPBE akan disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur dan Bupati Banyuwangi” cetus Aliong

Pada puncak acara tersebut, Aliong menambahkan, dilakukan pemberian anugerah Digital Government Award kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) dengan enam kategori penerapan SPBE terbaik.

“Diantaranya, Kategori Penerapan Layanan SPBE IPPD; Kategori Pencapaian Indeks SPBE IPPD; Kategori Peningkatan Indeks SPBE IPPD; Kategori Pelaksanaan Tata Kelola SPBE IPPD; Kategori Penguatan Kebijakan SPBE IPPD; dan Kategori Penerapan Manajemen SPBE IPPD” ungkapnya.

Lembih lanjut, Aliong memaparkan, pemberian anugerah tersebut menjadi bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap instansi pemerintah dengan nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik pada tahun 2021 dan 2022. Penganugerahan ini diharapkan juga dapat memberi wawasan contoh benchmark penerapan SPBE yang baik.

“SPBE Summit 2023 juga menjadi kesempatan mewujudkan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE dan Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE,”katanya.

Dirinya juga mengaharapkan, dengan adanya SPBE Summit 2023, pembangunan layanan digital berbasis masyarakat (citizen centric) dapat segera terwujud. Selain itu, Tim Koordinasi SPBE diperkuat menjadi Digital Transformation Agent (DTA) guna memastikan manajemen perubahan dan operasional layanan digital.

“Disamping itu, pemerintah juga mempertegas moratorium pembangunan aplikasi dan mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi,”tutupnya. (PN)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL