spot_imgspot_img

Dinas Pertanian dan BPTPH Maluku Utara Lepas 30 Petugas THL-POPT

SOFIFI, AM.com – Dalam rangka perkuat hasil pertanian dari gangguan hama tanaman, Dinas Pertanian dan Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Provinsi Maluku Utara merekrut sebanyak 30 petugas atau Tenaga Harian Lepas  (THL) Pengendali Organisme Penganggu Tumbuhan (POPT) ke 9 kabupaten /kota, Senin (06/03/2023).

Saat pelepasan, Kepala dinas Pertanian Maluku Utara, Muhtar Husen dalam sambutannya, mengatakan pemerintah saat ini menilai petani di Maluku Utara sangat membutuhkan tenaga pendamping, khususnya petugas THL-POPT hal ini terdeksi dari hasil pertanian para petani.

“Memang kita melihat petani kita juga memiliki pengetahuan soal ini, namun kehadiran petugas ini juga cukup penting untuk mengamati hama dan dilaporkan setiap saat ke pemerintah untuk dilakukan pengendalian hama tanaman,”ujarnya.

Petugas THL-POPT, kata  Muhtar, juga ditugaskan dalam rangka bagaimana mensinkronisasikan atau mengkolaborasikan cara-cara mencampur obat untuk mencegah hama, sehingga hasil produksi petani bisa memuaskan sesuai apa yang diharapkan. “Bapak Ibu juga harus buat inovasi-inovasi dalam rangka bagaimana untuk menangkal dan menanggulangi hama. Serta kehadiran bapak/ibu di lapangan cukup membantu pemerintah,”tukasnya.

Dikatakan pula, petugas THL-POPT diharapkan selalu intens berkoordinasi dengan Dinas Pertanian di Kabupaten/Kota dalam rangka untuk penanggulangan hama secara bersama-sama. Kemudian petugas THL-POPT diminta untuk berlaku adil terhadap petani yang ada. “Petani Mandiri juga harus diamati, bukan hanya kelompok tani dibawah naungan pemerintah. Jadi, seluruh petani harus diamati. Bila kedapatan adanya serangan wabah tanaman atau hama tanaman disuatu tempat segera dilaporkan bukan hanya dilingkup bapak/ibu tapi seluruhnya,”tegas Muhtar.

Sementara itu, Kepala BPTPH Maluku Utara, Nurjannah Ali menambahkan bahwa petugas THL-POPT tersebut ditugaskan ke Kota Ternate, Kota Tidore, kabupaten Halmahera Utara, kabupaten Halmahera Barat, kabupaten Halmahera Timur, kabupaten Halmahera Tengah, kabupaten Halmahera Selatan dan Kabu[aten Kepulauan Sula.

Dijelaskan Nurjannah, bahwa  petugas THL-POPT direkrut oleh Kementerian Pertanian melalui BPTHP Maluku Utara sebanyak 30 penyuluh dan ditugaskan di 9 Kabupaten/Kota, minus kabupaten Pulau Taliabu. “Tenaga kontrak ini sebanyak 30 orang dan ditugaskan di 9 kabupaten/kota Pulau Taliabu tidak teramasuk,”terangnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL