spot_imgspot_img

Kadis Dukcapil: Usia 17 Tahun Wajib Melakukan Perekaman Data e-KTP

Reporter : Darmin Teapon

SANANA,AM.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara, meminta kepada warga kabupaten setempat yang sudah berusia 17 tahun segera melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Apabila tidak melakukan perekaman akan diberikan sanksi.

Kepala Disdukcapil Kepsul, Bambang Fataruba, saat diwawancarai awak media, Selasa (01/03/2023) mengatakan sanksi bagi yang belum merekam e-KTP ini telah ditetapkan oleh Kemendagri RI melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

“Anak yang sudah berusia 17 tahun segera melakukan perekaman agar mereka bisa terlepas dari kartu identitas anak atau KIA,”ungkap Bambang.

Menurut Bambang, Jika yang bersangkutan anak tersebut tidak melakukan perekaman maka Nomor NIK secara otomatis akan terblokir di pusat sampai orangnya kembali melakukan perekaman.

“Pemblokiran nomor NIK tersebut dibuka kembali di saat orangnya sudah melakukan perekaman di Disdukcapil,”tuturnya.

Dijelaskan Bambang, memiliki KTP el itu penting, artinya sebagai identitas diri, saat ini untuk berbagai macam pengurusan administrasi diri selalu membutuhkan identitas berupa KTP el, baik itu pengurusan di Bank, syarat masuk kerja, pembuatan SKCK dan lain sebagainya membutuhkan e-KTP sebagai syarat.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL