spot_imgspot_img

Wali Kota Launching Aksi Perubahan Teman Baik Andalan, Ini Penjelasan Reformer Hasmiati

 

TERNATE,AM.com – Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman meluncurkan aksi perubahan “Teman Baik Andalan” dan Sosialisasi Peraturan Wali Kota Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Pedoman Pemanfaatan Barang Milik Daerah dan Peraturan Wali Kota Tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pemanfaatan Barang Milik Daerah.

Aksi perubahan yang digagas oleh Sekretaris BPKAD Kota Ternate Hasmiati Hasanuddin sebagai reformer pada Pelatihan Kepemimpinan Administrasi (PKA) Angkatan 2022 di BPKSDM Provinsi Maluku dengan judul Teman Baik Andalan atau strategi pemanfaatan Barang Milik Daerah (BMD) untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Launching aksi perubahan ini ditandai dengan pemukulan tifa, bertempat di Royal’s Resto pada Rabu (21/12/2022).

Hasmiati Hassanudin kepada wartawan menyampaikan, unsur terpenting dalam daerah itu harus menjaga BMD karena bisa membangkitkan perekonomian daerah seperti penyediaan infrastruktur yang dapat memberikan timbal balik berupa PAD.

Olehnya itu kata dia, harus dilakukan strategi perencanaan yang matang, serta tepat sasaran dalam pelaksanaannya, sehingga BMD dapat menjadi salah satu sumber penggerak PAD Kota Ternate.

Istri Kepala Bappelitbangda itu menuturkan, realitas menunjukan dalam penyelenggaran Pemerintahan Kota Ternate, BMD dikelola dengan sistem administrasi yang belum memadai dan terkadang tidak sejalan dengan ketentuan peraturan yang mengatur yaitu Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Hal inilah yang menjadi asumsi dasar Aksi Perubahan yang saya lakukan yaitu Strategi pemanfaatan barang Milik Daerah Untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah,” tandasnya.

Kemudian lanjut dia, dalam Permendagri 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan BMD, pada bab VII Pemanfaatan Pasal 61 diatur bentuk pemanfaatan BMD berupa, sewa pinjam pakai, KSP, BGS, BSG dan KSP.

“Bentuk pemanfaatan sebagaimana disebutkan, mempunyai potensi besar dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Oleh karena itu diperlukan strategi dan komitmen dalam melaksanakan ketentuan yang mengatur terkait pemanfaatan BMD,” jelasnya.

Lebih jauh Hasmiati Hassanudin mengatakan, pemanfaatan BMD telah dikeluarkan Peraturan Wali Kota Ternate Nomor 13 tahun 2022 tentang Pedoman Pemanfaatan Barang Milik Daerah dan Peraturan Wali Kota Nomor 41 Tahun 2022 tentang SOP Pemanfaatan Barang Milik Daerah sekaligus merupakan out put dan aksi perubahan “Teman Baik Andalan”.

“Alhamdulillah Perwalinya sudah di tandatangani para OPD sampai Kelurahan, dan pada sesi berikutnya akan dilakukan sosialisasi kepada seluruh Pengurus Barang Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemkot Ternate, sehingga implementasinya dapat berjalan secara optimal,” harapnya.

Ia menambahkan, dalam pemanfaatan aset, ada hal yang menarik yang disampaikan oleh Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani, dan mungkin dapat menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan pemanfaatan aset daerah.

“Semoga ini juga menjadi spirit dari upaya, peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan apa yang saya lahirkan melalui aksi perubahan teman Baik Andalan merupakan sumbangsih dari seorang ASN lingkup Pemkot Ternate,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL