spot_imgspot_img

Warga Pulau Hiri Terima 200 Sertifikat Tanah Program PTSL

 

TERNATE,AM.com – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Ternate, Sun Eddy W bersama Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman menyerahkan 200 sertifikat bidang tanah untuk warga Kecamatan Pulau Hiri yang masuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022.

Penyerahan tersebut langsung dari Wali Kota Ternate kepada Warga Hiri, bertempat di Kantor Camat Pulau Hiri, Kelurahan Faudu pada Selasa (20/12/2022).

Kepala ATR/BPN Kota Ternate mengatakan, sebanyak 200 sertifikat bidang tanah yang masuk program PTSL itu telah diterima oleh waga Hiri.

“Pemberian sertifikat tidak di pilah-pilah seperti rumah, kebun dan lainya tetapi dibagikan secara keseluruhan dan sepanjang itu memenuhi persyaratan serta kuota,” ujarnya.

Ia menjelaskan, syarat program PTSL itu harus mempunyai kepemilikan tanah, hibah, waris dan miliki jual beli dan sebagainya.

“Kalau Pulau Hiri sudah sebagian warganya miliki sertifikat bidang tanah dan tanahnya telah dilakukan pengukuran maka untuk tahun 2023 mendatang tidak akan dapatkan program PTSL lagi,” ucapnya.

Ia meminta kepada masyarakat yang sekarang ini belum memiliki sertifikat bisa lakukan pengurusan secara pribadi ke Kantor BPN Kota Ternate sambil lengkapi persyaratan berkasnya.

“Untuk wilayah Kota Ternate sendiri yang masuk program PTSL sebanyak 513 dan sudah terealisasi kepada warga yang terdata dalam program,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman menyampaikan, tanah jika diakui oleh Negara harus mempunyai sertifikat bidang tanah.

“Legalitas atas hak tanah itu sangat penting. Maka saya meminta kepada warga harus memiliki sertifikat karena itu menjadi landasan hukum dikemudian hari,” tandasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL