spot_imgspot_img

Rizal Gelar Rapat Bersama Satgas Sampah Roda Tiga Bahas Gaji dan Jadwal Operasi

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate menggelar rapat evaluasi terkait optimalisasi pelaksanaan pengelolaan sampah berbasis partisipatif bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Lurah Kecamatan Ternate Selatan, Kecamatan Ternate Tengah, dan Kecamatan Ternate Utara, serta Satuan Tugas (Satgas) armada sampah roda tiga.

“Rapat tadi kita membicarakan beberapa hal teknis, mulai dari pungutan sampah ditingkat Kelurahan. Kemudian, sampah dibawa ke trans depo hingga TPA (Tempat Pembuangan Akhir),” kata Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly usai rapat, Kamis (8/12/2022).

Rizal mengatakan, poin pertama dalam pembahasan adalah anggaran operasional lapangan. Kata dia, anggaran operasional sudah ada di APBD Tahun 2022, maka isu yang beredar bahwa pemerintah tidak menganggarkan anggaran operasional itu tidak benar.

Rizal menyampaikan, satgas sampah roda tiga ditingkat Kelurahan sebagian sudah melakukan operasi, sebagiannya belum karena masih ada kesepakatan ditingkat Kecamatan.

“Namun, pihaknya sudah menetapkan jadwal operasi bagi seluruh satgas bahwa mulai hari Jumat (19/12) besok Pukul 14.00 hingga 16.00 WIT segera mengambil BBM ke DLH. Kemudian, satgas yang belum operasi, dijadwalkan mulai Hari Sabtu (20/12) pagi sudah melakukan aktivitas angkut sampah,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate itu menyampaikan, satu armada roda tiga memiliki dua operator sesuai dengan shift. Satu operator berkerja mulai Pukul 06.00-10.00. Shift siang mulai Pukul 14.00-16.00. Sedangkan gaji satgas sampah lanjut dia, melalui pos rekening Kantor Camat.

“Selain gaji Satgas, kita juga bahas terkait spare part, jika terjadi kerusakan pada armada sampah. Spare part-nya kami sudah alokasikan di DLH, karena ada teknisi yang disiapkan oleh DLH. Jika armada sampah roda tiga terjadi kerusakan, teknisi langsung memperbaiki di tempat tersebut,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, mulai Tahun 2023, para lurah akan difasilitasi untuk menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dari petugas satgas. Dimana Lurah akan diangkat menjadi koordinator satgas di masing-masing Kelurahan.

“Koordinator harus melakukan pemantauan untuk memastikan petugas sudah bekerja sesuai waktu yang ditetapkan atau tidak. Agar jejaring dari DLH hingga Satgas betul-betul sistematis agar proses pengelolaan sampah berbasis partisipatif berjalan maksimal,” terangnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL