Wali Kota Ternate Launching Aplikasi Lapor Ndan

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Aplikasi Layanan Aspirasi Masyarakat Ternate Andalan atau Lapor Ndan yang digagas Sekretaris Dewan (Sekwan), Aldhy Ali itu telah di Launching oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman di Resto Red Corner, Rabu (30/11/2022).

Aplikasi ini juga memperkuat Proyek Perubahan PKN II Angkatan XXV Tahun 2022.

Wali Kota mengatakan, harmonisasi antara eksekutif dan legislatif sangat baik maka patut diapresiasi oleh semua pihak. Kata dia, salah satu pendidikan ASN adalah PKN, pendidikan tersebut mememaksakan seorang reformen bisa mempengaruhi orang lain dalam suatu karya yang dibuat.

“Kita tidak bekerja sendiri, kita harus mampu membagi semua pihak dalam rangka mendukung tugas kita, agar semua pekerjaan itu bekerja secara baik. Saya pun akan memberikan dukungan kalau smua OPD punya inovasi, maka akan mempermudah urusan tugas dan beban dalam seorang yang diberikan amanah memegang jabatan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin menyampaikan, program digitalisasi yang dibuat hampir sama dengan Sekwan sebelumnya. Namun, ia sangat mengapresiasi Sekwan selaku reformer yang punya inovasi yang segera direspon semua pihak.

“Semoga Aplikasi ini bisa digunakan oleh Dewan dan Pemerintah dalam rangka mengakses aspirasi secara cepat. Kami selalu memberikan suport dan dukungan agar inovasi ini tinggal didorong oleh Pemkot Ternate,” tuturnya.

Terpisah, Aldhy mengatakan, ini adalah layanan yang memberikan akses kepada masyarakat secara langsung untuk mengusulkan aspirasi maupun melaporkan aduan terkait dengan pelayanan dasar.

Program inovasi ini sebagai perwujudan Visi-Misi Pemerintah Kota yakni terciptanya tata kelola pemerintahan yang ekstra aktif dan responsif. Karena manfaat dari Aplikasi Lapor Ndan kepada Pemerintah yakni:

Pertama, tingkat kepercayaan terhadap Pemerintah Kota Ternate semakin meningkat dengan adanya Pelayanan yang efektif dan efesien Sektretariat DPRD Kota Ternate sebagai pelayan masyarakat. Kedua Rentang kendali akan mudah tercapai antara Legislatif dan Eksekutif.

Lanjut dia, sedangkan manfaat bagi organisasi adalah hasil evaluasi akan menjadi masukan bagi perencanaan program-progran Sekretariat DPRD selanjutnya. Mengubah sistem, pola pikir dan budaya kerja menjadi lebih baik yang sesuai dengan tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi.

Meningkatkan efesiensi dan efektifitas organisasi secara proporsional sesuai dengan kebutuhan, sehingga organisasi menjadi tepat fungsi dan tepat ukuran. Meningkatkan efesiensi dan efektifitas sistem, proses dan prosedur kerja. Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kerja birokrasi. Memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih murah, lebih mudah dan lebih berkualitas.

Kemudian, manfaat bagi stakeholder, yakni: memperbaiki sistem pelayanan dan peingkatan pelayanan kepada fungsi pengawasan DPRD.

Kata dia, manfaat bagi masyarakat diantaranya: masyarakat semakin memiliki kesadaran dalam menyalurkan aspirasi bukan lagi dengan cara cara lama. Permasalahan masyarakat dapat segera di respon di atasi. Masyarakat terlibat secara langsung dalam pengawasan pelayanan dasar. Masyarakat merasa puas terhadap layanan pemerintah.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA