Puncak Gelaran Sail Tidore, Zulkifli Hasan: NKRI Berhutang Pada Tidore

 

TIDORE,AM.com -Setelah selesai gegap gempita G20 di Bali, saatnya ini kita merayakan puncak Sail Tidore 2022 “Alhamdulillah meskipun dengan keterbatasan waktu persiapan yang hanya 44 hari, karena beberapa kali tertunda namun Sail Tidore 2022 tetap berjalan denga baik dan lancar.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Perdagangan yang juga sebagai Ketua Panitia Nasional Sail Tidore, Zulkifi Hasan pada acara puncak pegelaran Sail Tidore 2022,bertempat di pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Sabtu.(26/11).

Dalam laporannya mengatakan, Tidore merupakan kota yang bersejarah dengan kisah dan perjuangan yang luar biasa, Tidore dulu adalah wilayah yang paling timur di Indonesia yang berjuang di bawah komando Sultan Zainal Abidin Sjah membantu menyatukan irian barat menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tidore juga dikenal sebagai jalur rempah indonesia sejak abad 16, yang menyebarkan kejayaan Indonesia dimasa Sultan Nuku dalam perdagangan global dunia,”urainya.

“Baru-baru ini saya ketemu Menteri Industri dan investasi Afrika Selatan, ternyata dia Putra keturunan Tidore, rupanya silsila mereka keturunan dari salah seorang sultan Tidore yang di asingkan oleh tentara belanda pada abad ke 16,”urai Ketua Umum PAN tersebut.

Maka sudah sepatutnya gempita yang kita rayakan di tahun 2022 hari ini yakni mendorong percepatan pembangunan ekonomi, serta mempromosikan tidore kepada investor dan wisatawan global, “sebab republik ini berhutang kepada tidore,” tegas Zulkifli.

Terlaksananya Sail Tidore 2022, adalah hasil dari koordinasi dan kerja sama yang baik dari semua pemangku kepentingan yakni sebanyak 32 Kementrian dan lembaga yang dibantu oleh sejumlah BUMN dan pelaku usaha lainya dengan bahu-membahu mewujudkan Sail Tidore 2022 ini.

“Saya ucapkan kepada Mendagri Tito Karnavian yang mengalang dana demi terlaksananya kegiatan ini, sebab kita ketahui bersama anggaran Sail ini tidak di anggarkan, terima kasih Pak Tito,” ungkapnya.

Rangkaian dan program kegiatan Sail Tidore ini, kata Zulkifli, telah dilaksanakan sebelum tanggal 24 November 2022 yang mengangkat potensi wisata, seni dan budaya, berbagai kegiatan yang dilakukan diantaranya perbaikan infrastruktur, pemberdayaan masayarakat dalam industri wisata, penyuluhan bantuan kepada industri kecil, promosi prodak forum bisnis, pelayanan kesehatan, perbaikan pagetase pohon agar akses dan lingkungan hidup menjadi lebih baik.

Ia katakan, Untuk memeriahkan kegiatan Sail tidore ini, seperti kompetisi bawah air, diplomatik tour dan dilanjutkan dengan forum bisnis dengan peserta dari keduataan besar negara-negara sahabat, senam sehat, lomba dayung, bakti sosial, kemping yang diikuti oleh pramuka dari seluruh indonesia.

Acara puncak Sail Tidore hari ini akan kita saksikan sinkronisasi atraksi laut yang luar biasa yakni kolaborasi dari TNI AL, TNI AU, Basarnas, para nelayan tradisional dan pentas seni oleh pelajar serta talenata lokal tidore.

Sail tidore merupakan salah satu upaya menjaga perekonomian indonesia bagian timur yang tetap tumbuh,”

Menteri Perdagangan itu juga berharap agar keberhasilan Sail Tidore 2022 dapat menjadi batu loncatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, percepatan pembangunan di Maluku Utara pada titik balik pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19 dan krisis global.

Turut hadir, Menkomarves Luhut Panjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Parawisata dan Kreatif Sandiaga Uno, KASAL, para Duta besar negara-negara sahabat, Gubernur Maluku Utara, Wakil Gubernur Maluku Utara, Forkopimda Maluku Utara, Walikota Tidore, Wakil Walikota Tidore, Sultan Tidore, serta tamu undangan lainya…(Adpim)

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA