spot_imgspot_img

Dinas Koperasi dan UKM Malut Gelar Diklat Sistem Keuangan Digital ke Pelaku Usaha

SOFIFI,AM.com – Seiring dengan perkembangan zaman yang mulai menggunakan teknologi berbasis digital, Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Koperasi dan UKM melakukan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) penerapan sistem keuangan digital bagi para pelaku usaha mikro se-Provinsi Maluku Utara yang berlangsung di Aula Yusmar Sofifi, Rabu (23/11/2022).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Malut, Wa Zaharia dalam sambutannya menyebutkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha, untuk mengembangkan usaha mereka lebih tertata laporan keuangan dan akuntansi.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 50 orang dari para pelaku usaha yang berasal dari Kabupaten kota di Maluku Utara, yang selama dua hari ini akan diajarkan terkait penggunaan aplikasi untuk pelaporan keuangan,” katanya.

Menurutnya, para peserta kegiatan akan diberikan hadiah berupa aplikasi pengelolaan keuangan, dan dilatih oleh para pemateri untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut sehingga para pelaku usaha tidak akan lagi kesulitan dalam menyusun laporan keuangan usaha mereka.

“Saya harapkan semua peserta mengikuti kegiatan ini hingga selesai, sebab kegiatan ini sangat menunjang keberhasilan usaha para pelaku UKM, dimana laporan keuangan yang rapi dapat mempermudah penghitungan untung rugi dan menjadi penilaian saat mengajukan pinjaman ke bank,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pemateri dari Institut Menajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) Bandung, Muhammad Ardi Nupi Hasyim SE, M.AB, CFP menyebutkan para peserta akan dibekali dengan pengetahuan terkait akuntansi dan menajemen sehingga pengelolaan keuangan dapat lebih tertata lagi dengan menggunakan sistem aplikasi pencatatan keuangan (siapik).

“Kita fokus ke memberikan pembekalan terkait tata kelola keuangan berbasis digital, sehingga dengan aplikasi siapik segala pencatatan keuangan akan menjadi lebih mudah,” ujarnya.

M. Ardi bilang, aplikasi ini dikeluarkan langsung oleh Bank Indonesia, dan cara penggunaan yang praktis serta muda didapatkan melalu android di AppStore dan Playsotre maupun diinstall pada PC.

“Aplikasi ini sangat mudah digunakan, sehingga kita harapkan para pelaku usaha dapat terbantu dalam menjalankan bisnis mereka,” harapnya.

Selain M. Ardi, turut hadir juga pemateri dari Universitas Bumi Hijrah (Unibrah) Sidin Usman, SE. ME yang juga selaku Dekan Fakultas Ekonomi, Sekertaris Dinas Koperasi dan UMKM, Nasaruddin Robi serta Kepala Bidang Pelatihan Koperasi, Muhammad Yusuf.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL