Pemkot Ternate Tambah Lagi Motor Sampah Roda Tiga di Tahun 2023

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate bakal menambahkan motor sampah roda tiga sebanyak 50 unit pada Tahun Anggaran 2023 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly usai penyerahan 50 unit motor sampah roda tiga pada launching Hari Jadi Ternate (HAJAT) Ke 772 pada Minggu (20/11/2022) di halaman Kantor Wali Kota Ternate.

Rizal mengatakan, usai penyerahan tahap pertama 50 unit kepada tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Ternate Selatan, Kecamatan Ternate Tengah, dan Kecamatan Ternate Utara. Ini akan ditambahkan 50 unit lagi di APBD Tahun Anggaran 2023.

“Semangatnya sama, kehadiran armada roda tiga maka pihak Kelurahan bisa menggunakan secara ekstra untuk mengelola sampah rumah tangga bisa diangkut ke trans depo agar bisa dibawah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir),” ujarnya.

Ia menyebutkan, setiap Kelurahan sudah dilakukan rekrutmen tenaga kerja pengangkut sampah roda tiga dan perbulan di gaji Rp 1.500.000,00. Rizal menyampaikan, satu armada roda tiga terdapat dua operator. Satu operator untuk shift pagi dan siang.

Rizal menjelaskan, satu unit kendaraan bisa melayani 4 RT. Namun pembagiannya tergantung luas wilayah. Jika jumlah RT di satu Kelurahan banyak berarti bisa mendapatkan 3 hingga 4 unit armada.

“Semoga Ini menjadi semangat HAJAT 772 dengan tema Berkolaborasi Kreatif dan Inovatif Menuju Pemulihan Ekonomi Kota Ternate. Maka semangat kebersihan menjadi satu titik utama Hari Jati Ternate,” tuturnya.

Ia berharap kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kecamatan serta Kelurahan bisa memanfaatkan armada yang telah diserahkan, agar harapan Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman bisa terwujud, sambil menunggu 50 unit armada pada Tahun 2023 mendatang.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA