Pengurus Forum Anak Provinsi Maluku Utara Dikukuhkan Ibu Gubernur

 

TERNATE,AM.com – Bunda Forum Anak Provinsi Maluku Utara, Faona Djauhar Kasuba melakukan pengukuhan pengurus forum anak daerah Provinsi Maluku Utara periode 2022 – 2024, yang berlangsung di Hotel Jati Ternate, Kamis (17/11/2022).

Istri Gubernur Maluku Utara itu menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya pengurus forum anak daerah provinsi Maluku Utara yang dimotori oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Maluku Utara pimpinan Kepala Dinas Musrifah Alhadar.

Menurutnya, forum ini penting sebagai perwujudan kabupaten kota layak anak, sehingga peran serta forum anak sebagai pelopor dan pelapor yang diwadahi dalam forum anak perlu dioptimalkan.

Forum anak menurutnya, mempunyai fungsi sebagai wadah partisipasi anak yang menampung aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan tentang pemenuhan hak anak serta perlindungan khusus anak dalam proses pembangunan.

“Saya harap seluruh pengurus dapat melaksanakan amanah dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, kalian yang dikukuhkan hari ini telah diakui kapasitasnya sebagai perwakilan dari kelompok anak yang diikutkan dalam seleksi maka dengan ini bunda berharap kalian harus mampu menjadi corong suara bagi kawan-kawan di daerah dalam menyampaikan aspirasi untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam perumusan dan kebijakan pemerintah,” harapnya.

Pengukuhan yang dilakukan oleh Bunda Forum Anak Provinsi Maluku Utara Hj Faona Djauhar Kasuba didampingi Kepala DP3A Malut, Musrifah Alhadar.

Kepada para pengurus, Ustadzah Fao meminta agar menjadi pelopor dengan senantiasa bertindak, berpikir, berkata positif, dan kreatif dimulai dari diri sendiri mengajak orang lain atau teman melaksanakan kebiasaan tersebut.

“Jadilah pelapor dengan melaporkan hambatan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dialami diri sendiri dan orang lain kepada pemerintah menurut pendamping dalam hal ini perempuan dan anak,” pintanya.

Kepada para orang tua di Provinsi Maluku Utara, Bunda Forum Anak meminta agar dampingi forum anak hingga dapat menjadi agen perubahan bagi anak-anak Maluku Utara, agar pada setiap jenjang perencanaan pembangunan formatif dan berpartisipasi aktif dalam menyampaikan suaranya dalam rangka pemeran hak anak dan mewujudkan kabupaten kota.

“Saya berharap dari forum ini tercipta generasi-generasi muda penerus bangsa yang dapat menciptakan karya-karya yang inovatif dan kreatif,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DP3A Provinsi Maluku Utara, Musrifah Alhadar menyebutkan dengan adanya forum ini diharapkan menjadi wadah bagi anak-anak Maluku Utara, untuk menjadi pelopor dan pelapor dalam melindungi hak hak anak.

“Kita harapkan melalui forum anak ini anak-anak kita memperoleh perlindungan dan terpenuhi hak mereka, dan menjadi generasi masa depan yang lebih baik,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Dhara Wanita Persatuan Provinsi Maluku Utara, Darmawati Samsuddin beserta pengurus DWP dan PKK.

Diketahui Pengurus Forum Anak Provinsi Maluku Utara periode 2022-2024 diketuai oleh Muhammad Ali Akbar dari Kota Ternate, Wakil Ketua Muhammad Riskal Abdul Samad dari Kabupaten Halmahera Utara dan Sekertaris Maulida Dwi Anindita dari Kota Ternate.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA