As II Gubernur Malut Buka Festival Tunas Bahasa Ibu

 

TERNATE,AM.com – Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara menggelar kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI), yang dibuka oleh Asisten II Gubernur Maluku Utara, Sri Haryati Hatari yang berlangsung di Sahid Bela Ternate, Senin (14/11/2022).

“Pemerintah Provinsi Maluku Utara terus berupaya untuk membantu melestarikan bahasa ibu, yang ada di Maluku Utara,” ungkap Sri.

Menurutnya, hal ini perlu untuk terus didengarkan karena makin sedikit penutur jati. “Kita juga sudah tahu bahwa ratusan pulau di Maluku Utara ini yang berpenghuni hampir semua memiliki bahasannya sendiri sehingga kita perlu untuk dilestarikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, Arie Andrasyah Isa mengungkapkan, ada 20 bahasa daerah di dunia yang punah setiap tahun. Bahkan banyak juga bahasa daerah yang kondisinya terancam punah dan kritis.

“Penyebab utama kepunahan bahasa daerah, kata Arie, adalah penutur jatinya tidak lagi menggunakan dan mewariskan bahasanya kepada generasi berikutnya,” ungkapnya.

Kepunahan bahasa berarti hilangnya kekayaan batin, hilangnya jati diri anak bangsa, hilangnya peradaban bangsa, dan hilangnya kekayaan budaya,” ungkapnya.

Tahun 2022 ini Revitalisasi Bahasa Daerah dilaksanakan terhadap empat bahasa, yakni bahasa Ternate, bahasa Tobelo, bahasa Makean Timur, dan bahasa Sula.

“Insyaallah, tahun depan dan tahun berikutnya kami akan merevitalisasi bahasa-bahasa daerah lain,” ucapnya. (0ng)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA