Waspada! Sudah 11 Hari, GO Masih Gentayangan

 

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com-Melarikan diri dari rumah tahanan Polres Kepulauan Sula pada Rabu, (2/11/2022), GO alias Gabriel hingga kini sudah 11 hari belum ditemukan.

Keberadaan GO masih gentayangan, dan membuat masyarakat Sula panik lantaran GO diketahui sebagai tersangka kasus pembunuhan satu keluarga di Desa Rawa, Mangoli Kecamatan Mangoli Utara.

Hal itu, mendapat sorotan dari Ketua Ana Sua Jakarta Raya, Risman Panigfat. Kata Risman, keberadaan GO yang belum ditemukan, sangat meresahkan masyarakat. Terutama masyarakat di Kecamatan Sulabesi Tengah dan Kecamatan Sanana.

“Dengan beredarnya rumor, GO selalu berkeliaran di pemukiman warga dan sangat meresahkan. Warga sangat khawatir, jangan sampai yang bersangkutan berbuat tindakan yang dapat merugikan warga sekitar,” katanya kepada aspirasimalut.com. Minggu, (13/11/2022).

Risman meminta, Polisi secepatnya menyelesaikan persoalan ini, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama. Sebab, tugas pokok dalam Undang-undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 13 adalah memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Tugas ini sangat jelas dan ini perintah Undang-undang. Bila GO membuat warga Kepulauan Sula resah, maka Polisi harus menggunakan keahliannya untuk menangkap yang bersangkutan berdasarkan tugas-tugas tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, Polisi tidak seharusnya menunjukkan kelemahannya kepada masyarakat. Sebagai pelindung, Polisi harus lebih menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat.

“Saya heran, kenapa sudah 11 hari GO kabur dari tahanan sampai detik ini belum bisa di tangkap? Ini tandanya, bahwa GO lebih kuat dari perangkat negara. Bagi saya, saat ini Polisi menunjukkan kelemahannya di depan warga negaranya. Jika hal seperti ini dibiarkan terus-menerus, maka lambat laun keraguan masyarakat terhadap Polisi semakin kuat,” ungkapnya.

Selain itu, Magister Hukum Universitas Nasional itu memberikan jempol kepada kerja Polisi yang sudah berhasil meringkus tiga tersangka sebelumnya, yaitu Sahril Junaidi Ipa, Julfahri Golam, dan Nai Nana.

“Meskipun demikian, namun saya juga memberi apresiasi dalam kerja-kerja Polisi yang sebelumnya sudah menangkap tiga pelaku lainnya. Saya percaya bahwa Polisi mampu dan bisa, semoga GO secepatnya ditemukan,” tutupnya.

Sementara, Kapolres melalui Kasi Humas, Ipda. Masqun Abdukish saat dikonfirmasi menyampaikan, “belum ada informasi,” pungkasnya. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA