APBD Malut Dirancang Tangguh Hadapi Resesi Ekonomi Tahun 2023

SOFIFI,AM.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pidato kenegaraan beberapa waktu lalu menyebutkan pada tahun 2023 mendatang akan terjadi resesi ekonomi atau yang disebut Jokowi ekonomi gelap.

Hal ini sesuai dengan perkiraan para ekonom yang memperkirakan terjadinya kelesuan pada sektor ekonomi, akibat dari beberapa faktor global seperti perang dan ketegangan antara negara besar yang berimbas ke seluruh dunia.

Merespon dinamika global ini, perekonomian di Maluku Utara diproteksi tetap tangguh untuk tahun depan.

“Saya kira kita melihat tren ya, sejauh ini situasi perekonomian cenderung meningkat, hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan ekonominya yang tertinggi di Indonesia yakni 27 persen,” kata Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kader saat ditemui di gedung DPRD Malut, Senin (7/11/2023).

Mantan kepala Bappeda Malut ini juga menegaskan, perekonomian Maluku Utara akan tetap tangguh menghadapi ramalan resesi ekonomi, sehingga rancangan pendapatan APBD tahun 2023 yang ditargetkan Rp 3,9 triliun dan belanja Rp 3,8 triliun telah memperhatikan semua aspek tersebut.

“Dari data dapat kita lihat bahwa tingkat inflasi kita masih bagus secara nasional, angka pengangguran juga terendah sehingga kita optimis pada tahun depan perekonomian Maluku Utara akan baik baik saja.

Diketahui, Pemprov bersama dengan DPRD Malut telah menandatangani nota KUA PPAS APBD tahun 2023 yang berlangsung di ruang paripurna DPRD Provinsi Maluku Utara.

Pemprov Malut menargetkan proyeksi Indikator Makro Pembangunan Provinsi Maluku Utara Tahun 2023, indeks pembangunan manusia ditargetkan pada angka 69.72 persen. Sedangkan Tingkat Kemiskinan ditargetkan sebesar 6.25 persen. Adapun Tingkat Pengangguran Terbuka ditargetkan sebesar 4.62 persen. Laju Pertumbuhan Ekonomi ditargetkan sebesar 12,60 persen. Selain itu, Pendapatan Perkapita ditargetkan sebesar 30,74 juta rupiah, dan Indeks Rasio Gini  pada angka 0.285 persen. (Ong)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA