Bangun Mini Museum Gunung Api Kuarter Pertama di Indonesia

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Pemerintah Kota Ternate bakal membangun Pusat Informasi dan Mini Museum Warisan Geologi Ternate di Geowisata Batu Angus. Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara, Abdul Kadir D. Arif menyebutkan Museum itu baru pertama di Indonesia.

Abdul Kadir D. Arif mengatakan, dokumen usulan penetapan Warisan Geologi telah diterima oleh Badan Pusat Geologi Kementerian ESDM. Menurut dia, dokumen tersebut sudah tidak lagi bermasalah. Selanjutnya, Ternate hanya menunggu penetapan Surat Keputusan dari Kementerian ESDM.

Ia menuturkan, pada 27 atau 28 November 2022 tim teknis verifikasi yang dipimpin oleh koordinator pusat survei geologi akan melakukan pemantauan, meninjau, mengamati, dan mengindentifikasi 41 titik yang diusulkan.

“Dari 41 titik itu, beberapa titik yang menjadi bagian dari warisan geologi sebagai geopark nasional,” kata Abdul Kadir pada Selasa (1/11/2022).

Kata Abdul Kadir, Pemkot berencana membangun Pusat Informasi dan Mini Museum Warisan Geologi Ternate. Pembangunan Ini disambut baik oleh Kementerian ESDM dibawah Pusat Survei Geologi dan Museum Geologi.

“Mini Museum Geologi yang akan di bangun sebagai Mini Museum Gunung Api Kuarter yang pertama di Indonesia,” tuturnya.

Dalam Mini Museum terisi sejumlah informasi terkait fisiografi dan terbentuk pulau vulkanik Gamalama, keragaman geologi kawasan Ternate Pulau, keragaman Geologi kawasan Ternate Barat, keragaman Geologi kawasan Ternate Selatan dan Tengah.

Keragaman Geologi kawasanTernate Utara, Geoculture (Budaya dan Sejarah) dan Rempah, ruang kontrol, Road Map Geopark, dan Pustaka Digital.

Sementara itu Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Rizal Marsaoly membenarkan, pemerintah Kota akan membangun Mini Museum Geologi di Geowisata Batu Angus. Dalamnya itu, menyimpan informasi terkait dengan Warisan Geologi Batu Angus.

“Semoga di Tahun ini geowisata batu angus sudah bisa ditetapkan sebagai Geopark Nasional, maka tahun depan kami sudah bisa dapat Dana Alokasi Khusus untuk pengembangan warisan geologi dari Bappenas,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA