IPPMT Hal-Sel Gelar Semarak Sumpah Pemuda, Ini Harapannya

 

HALSEL,AM.com, – Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Tuwokona (IPPMT) Halmahera Selatan menggelar kegiatan semarak sumpah pemuda, untuk mengingat peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928.

Kegiatan berlangsung pada Jumat (28/10/2022) dini hari di Lapangan Tower Desa Tuwokona ini berlangsung penuh khidmat, yang dibuka langsung Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bacan Selatan, Ongky Nyong.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Syafar Lamusa selaki imam Masjid Arraudhatul Jannah Desa Tuwokona, Ketua RT 1 Sadek Yunus dan Wasalma Ketua RT 2, dan seluruh masyarakat Desa Tuwokona.

Gunawan Saiman, Ketua Panitia Pelaksana Semarak Sumpah Pemuda menuturkam bahwa, hal ini dilakukan oleh pihak IPPMT demi merefleksikan hari sumpah pemuda yang jatuh pada Jumat tanggal 28 Oktober 2022 kemarin.

“Kami pemuda, pelajar dan mahasiswa Tuwokona membuat kegiatan ini untuk mengingat serta memeriahkan hari sumpah pemuda,” kata Awan nama akrabnya saat diwawancarai wartawan media ini dikediamannya. Sabtu (29/10/2022)

Menurutnya, selain memeriahkan sumpah pemuda, kegiatan ini berfungsi menyambung silaturahmi agar menyatukan para pemuda, dan hendak mengalihkan perhatian pemuda ke arah yang positif.

“Kegiatan yang bernuansa positif ini penting dilakukan untuk mengalihkan perhatian para pemuda dan pelajar ke hal yang produktif, sehingga dapat meningkatkan kesadaran pemuda di bidang pengembangan minat dan bakat,” ujar Awan.

Terpisah, Ongky Nyong Kepala KUA Kecamatan Bacan Selatan mengatakan, jika kegiatan semarak sumpah pemuda seperti ini penting dilakukan untuk menjadikan pemuda tampil berkarya.

Kepala KUA Bacan Selatan, Ongky Nyong saat menyampaikan orasi sumpah pemuda.

“Pemuda jangan hanya bicara, tetapi tunjukan dengan karya nyata, agar harapan kaum tua dapat terwujudkan,” ucap Kepala KUA saat menyampaikan orasi kepemudaan dalam pentas seni dan budaya.

Dia bilang,  bangga dengan pemuda Desa Tuwokona karena berani mewakili kebanyakan pemuda dalam merefleksikan sumpah pemuda yang terjadi pada 94 tahun lalu itu.

Sekadar diketahui terdapat beberapa item kegiatan, diantaranya, Pentas Seni dan Budaya yang disertai dengan orasi kepemudaan dan pembacaan naskah sumpah pemuda yang dipimpin langsung Kepala KUA dan diikuti seluruh hadirin.

Kemudian turnamen Sepak Bola lingkup Tuwokona, dimana terdapat 12 football club yang turut serta dalam perebutan piala bergengsi Desa Tuwokona. (Rifdi)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA