Pemkab Sula Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas Kompetensi SDM

 

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Pemkab Kepsul) melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) telah melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Kompetensi Level-1 SDM (Sumber Daya Manusia) Pengelola Barang dan Jasa yang berlangsung di Istana Daerah Desa Fagudu, Kecamatan Sanana. Selasa, (18/10/2022).

Sambutan Bupati Kepsul, Fifian Adeningsi Mus yang dibacakan oleh Wakil Bupati, M. Saleh Marasabessy menyatakan, pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan salah satu faktor sangat penting dan dibutuhkan di dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Kesuksesan pembangunan sangatlah dipengaruhi oleh efektivitas pelaksanaan barang dan jasa pemerintah pada masing-masing instansi/lembaga di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sula.

“Kesuksesan tersebut sangatlah ditentukan oleh kualitas dan kuantitas SDM sebagai pelaku pelaksanaan pengadaan barang/jasa. Profesionalitas SDM ditandai dengan terpenuhinya kompetisi SDM di dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara efektif dan efisien serta tidak menyimpang dari ketentuan peraturan yang berlaku. Kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalu bimbingan teknis pengadaan barang/jasa seperti saat ini, dirasakan sangat penting dan strategis bagi penyelenggaraan pembangunan secara efektif dan efisien,” paparnya.

Sementara, Kepala Bagian (Kabag) BPBJ, Barkah Soamole menyampaikan, tujuan pelaksanaan Bimtek, yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan berbagi pengalaman bagi para pejabat dan anggota BPBJ, PA/KPA, PPK, PP, Admin Sirup RUP, dan Para Perencanaan Pemerintah Kabupaten mengenai proses pembentukan dan tata kelola Pengadaan barang/Jasa Pemerintah.

Memberikan pembelajaran bagi pelaku pengadaan dan mendorong Pemerintah Kabupaten untuk mengembangkan BPBJ-nya menjadi keunggulan pengadaan dalam membangun dan mengembangkan kelembagaan pengadaan barang/jasa yang kredibel, profesional, efektif, dan efisien.

“Kemudian ini sebagai langkah koordinasi dalam pelaksanaan Pencapaian Tingkat Kematangan BPBJ sebagai salah satu Strategi daerah untuk menunjang Program Nasional Pencegahan Korupsi tahun 2022 – 2023 sesuai amanat Perpres 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi,” imbuhnya. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA