Pemkot Ternate Bakal Rekrut Satgas Motor Sampah Roda Tiga

 

TERNATE,AM.com – Dalam waktu dekat Pemerintah Kota Ternate akan mendistribusikan 50 motor sampah roda tiga jenis kaisar. Motor sampah ini, ditempatkan di Eks Kantor Wali Kota Ternate, Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Ternate Tengah.

Pengadaan kaisar tersebut melekat di PUPR Kota Ternate sebanyak 50 unit untuk di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Ternate Utara, Kecamatan Ternate Tengah, dan Kecamatan Ternate Selatan.

Sebelum didistribusi, pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan pihak Kecamatan akan membuka rekrutmen tenaga kerja yang disebut dengan Satgas kebersihan. Dimana, satu kendaraan dibutuhkan 4 (empat) orang.

Sekedar diketahui, pengadaan motor sampah roda tiga merupakan salah satu program Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman, yakni; Pengelola Sampah Berbasis Partisipatif.

Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly mengatakan, pengadaan motor kaisar untuk mengangkut sampah sudah berada di eks Kantor Wali Kota Ternate. Jumlahnya 50 unit. 30 unit sudah berada di Ternate. Sedangkan 20 unit lagi masih dalam perjalanan atau perakitan.

Rizal menyampaikan, armada sampah yang begitu banyak pastinya ada penambahan tenaga kerja oleh DLH selaku eksekutor. Sehingga, dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan sosialisasi sembari membuka rekrutmen tenaga kerja.

Rizal menyebutkan, satu motor sampah untuk shift pagi pada Pukul 07.00 hingga Pukul 10.00 dibutuhkan dua orang. Kemudian, shift siang juga dibutuhkan dua orang, mulai Pukul 13.00 hingga Pukul 18.00. Jadi satu motor ada 4 (empat) petugas kebersihan.

Ia bilang, petugas satgas sampah perbulan di gaji oleh pemerintah sebesar 1.500.00,00 (Satu Juta Lima Ratus Ribu). Lanjut dia, satu operator motor sampah melayani 4 RT sesuai shift.

Pembagian kaisar di tiga kecamatan ini, kata dia, untuk Kecamatan Ternate Utara mendapatkan 17 unit, Kecamatan Ternate Tengah mendapatkan 16 unit, Kecamatan Ternate Selatan mendapatkan 17 unit.

Bagi Kecamatan yang belum mendapatkan motor sampah di 2022, ujar Rizal, pemerintah akan melanjutkan pengadaan tahap 2 (dua) di Tahun 2023 untuk Kecamatan Ternate Barat dan Kecamatan Ternate Pulau.

“Sambil kita persiapkan di Kecamatan Moti, Kecamatan Hiri, dan Kecamatan Batang Dua. Karena terlebih dahulu kita melihat yang urgen, yakni Kecamatan Ternate Utara, Tengah, dan Selatan,” tuturnya.

“Sambil kita persiapkan di Kecamatan Moti, Kecamatan Hiri, dan Kecamatan Batang Dua. Karena terlebih dahulu kita melihat yang urgen, yakni Kecamatan Ternate Utara, Tengah, dan Selatan,” tuturnya.

Intinya dari semangat program ini, sambung Rizal, guna menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat Kota Ternate. Dengan harapan, meskipun armadanya terbatas tetapi tenaga pekerja tetap bertambah.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA