Sail Tidore Resmi Dilaunching

JAKARTA,AM.com – Sail Tidore 2022 resmi dilaunching di Auditorium Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Selasa (11/10/2022).

Launching ditandai dengan pemukulan tifa oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifki Hasan, besama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno, Panglima TNI RI Jendral TNI Muhammad Andika Perkasa, Menteri PUPPR RI Basuki Hadimoeljono, Kedubes Sapanyol dan Portugal, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dan Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan menjelaskan, Kegiatan ini merupakan rangkaian Sail Indonesia yang ke-12 yang merupakan sebuah kegiatan pelayaran internasional diperairan Indonesia yang mendatangkan pelayar-pelayar internasional sejak Tahun 2009.

“Saya berharap agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan percepatan infrastruktur jelang perhelatan acara ini,” kata Zulkifli.

Zulkifli menyampaikan Sail Tidore diharapkan menjadi momentum pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca terhantam pandemi Covid-19. Selama pandemi, agenda tahunan Sail Indonesia tidak digelar.

“Alhamdulillah akhirnya kita dapat launching kegiatan ini setelah kegiatan ini tertunda dari tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19,” ujar Zulkifli.

Sebagai kota yang berada paling timur di Indonesia, infrastruktur Tidore belum cukup intensif dibandingkan dengan kota-kota besar. Untuk itu, Zulkifli meminta Menteri Pekerjaan Umum, Basuki Hadimuljono untuk secara cepat membantu infrastruktur di Tidore jelang perhelatan Sail Tidore 2022 yang mengusung tema Tidore Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa.

Senada juga disampaikan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan lewat Zoom ini mengatakan Sail Tidore patut menjadi kesempatan bagi pemerintah daerah untuk rebranding wisata bahari Indonesia di kancah global, “Sail Tidore menjadi kesempatan kita untuk rebranding wisata bahari di mata dunia,” ujar Luhut.

Luhut menjelaskan, industri pariwisata menghadapi tantangan yang besar dalam dua tahun terakhir. Kini, kata dia, Indonesia kembali mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di berbagai titik destinasi pariwisata.

Luhut menambahkan, Sail Sabang 2017 berhasil mendatangkan 18 kapal layar, 20.000 pengunjung dan 3.000 wisatawan mancanegara, “sehingga kita harus optimis Sail Tidore mampu berkontribusi untuk membantu proses pemulihan industri pariwisata dalam Negeri,” ungkapnya.

“Kepada Kementerian/Lembaga maupun pemerintah daerah agar terus bekerjasama mensukseskan Sail Tidore mulai dari persiapan rangkaian acara professional, percepatan dukungan infrastruktur, libatkan UMKM dalam pameran, optimalkan dukungan serta promosikan secara massif pelaksanaan Sail Tidore ini,” harap Luhut.

“Kita dukung pemulihan pariwisata nusantara, bangga berwisata di Indonesia saja dan sama-sama kita sambut Sail Tidore 2022,”singkat Luhut.

Pemukulan tifa pertanda launching Sail Tidore tahun 2022

Sementara Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba mengatakan, Launching Sail Tidore ini pertanda dimulainya semua rangkaian kegiatan sail Tidore, meski kegiatan ini akan dilaksanakan pada 24-29 November mendatang.

“Namun ini akan ditindaklanjuti untuk memperkenalkan Tidore dan Maluku Utara ketingkat internasional serta mensosialisasikan Sail Tidore dimata dunia yang lebih luas.” kata Abdul Gani.

“Mari sama-sama kita mensukseskan pelaksanaan Sail Tidore, karena Sail Tidore ini juga pertanda begitu besar kepedulian pemerintah pusat dalam membangun perekonomian daerah, membangun pariwisata daerah, membangun usaha kecil dan menengah, membangun transportasi wilayah serta keseluruhan program yang sejalan dengan program Pemerintah pusat,” harap Abdul Gani.

Launching Sail Tidore 2022 ini juga dimeriahkan oleh sanggar Budaya Tidore yang merupakan mahasiswa asal Kota Tidore untuk menampilkan tarian ritual Salai dan Soya-soya serta tarian lalayon.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA