Inspektur Tambang Malut Gelar Upacara Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 di PT. NHM

 

HALUT,AM.com – Hari jadi pertambangan yang diperingati setiap tanggal 28 September juga dirayakan oleh Inspektur Tambang Provinsi Maluku Utara, yang dipusatkan di Perusahaan PT. NHM di Gosowong, Kabupaten Halmahera Utara, Rabu (28/9/2022).

Koordinasi inspektur tambang, Ahmad Muhammad yang bertindak selaku pembina upacara menyebutkan peringatan hari jadi pertambangan dan energi yang ke-77 dengan tema energi bangkit lebih kuat, dengan harapan sektor SDM dapat menjadi penggerak utama pembangunan nasional melalui pengolahan energi dan sumber daya mineral yang optimal demi ketahanan energi untuk kesejahteraan rakyat yang adil dan merata sebagaimana amanat undang-undang 1945 pasal 33.

“Pemerintah telah menetapkan berbagai macam kebijakan SDM yang bersentuhan dengan kebutuhan rakyat di bidang mineral dan batubara, kepastian pemanfaatan batubara untuk menjaga ketahanan energi domestik atau sistem pembangkit listrik terus digalakan sebagai material pendukung baterai kendaraan listrik,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara mempunyai peranan penting yang memberikan nilai tambah secara nyata kepada pertumbuhan ekonomi nasional dan pembangunan daerah secara berkelanjutan.

“Oleh karena itu setiap perusahaan tambang wajib menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik yakni dengan menaati aturan, memiliki perencanaan yang baik, menerapkan teknologi yang sesuai, melaksanakan konservasi bahan galian mengendalikan dan memelihara fungsi lingkungan, manajemen keselamatan kesehatan kerja serta mengaku modern keinginan dan partisipasi masyarakat

peringatan hari jadi pertambangan dan energi yang ke-77 ini hendaknya menjadi momentum bagi kita semua untuk memperbaiki diri dengan melihat perjuangan-perjuangan bangsa yang telah berkorban demi nusa dan bangsa sehingga dengan itu kita mampu untuk memajukan sektor SDM di mana yang akan datang,” harapnya.

Ahmad bilang, kegiatan ini dilakukan setiap tahun yang merupakan kegiatan rutin, dimana pada tahun 2022 ini dilakukan di PT. NHM, dan pada tahun yang akan datang bakal diroling tempatnya ke perusahaan tambang yang lain.

“Momentum ini juga kita sampaikan ke perusahaan terkait kebijakan pemerintah yang terbaru soal pertambangan, tahun ini kita buat di PT. NHM karena mereka sudah siap dan bersedia menjadi yang pertama dalam kegiatan upacara ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. NHM Amirudin Hasyim mengatakan, dengan momentum peringatan hari jadi pertambangan dan energi Republik Indonesia ke 77, selaku kepala teknik tambang di PT. Nusa Halmahera Mineral, mengapresiasi suatu niat tulus dari Dinas Energi dan sumber daya mineral dan juga para inspektur tambang.

“Kita sama-sama berharap bahwa penerapan kaidah pertambangan yang baik atau good mine practis itu dapat membumi didalam penerapannya, tidak hanya dibaca melalui peraturan, tetapi implementasi yang paling utama,” ungkapnya.

Sehingga dia berharap tugas yang diemban secara bersama-sama sesuai dengan amanat konstitusi energi dan sumber daya mineral untuk kesejahteraan rakyat dapat benar benar terlaksana.

“Jadi dengan momentum peringatan Hari pertambangan dan energi Indonesia ini, kita jadikan titik tolak dan memperbaiki lagi yang lama, kita buat menjadi lebih baik kedepannya,” harapnya.

Kegiatan upacara ini berlangsung dengan penuh khidmat yang diikuti oleh sebagian besar perwakilan perusahaan tambang di Maluku Utara.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA