spot_imgspot_img

Dinas Pangan dan PKK Malut Kampanyekan Konsumsi Pangan Lokal dan Gizi Seimbang

SOFIFI,AM.com – Dinas Pangan Provinsi Maluku Utara berkolaborasi dengan ibu ibu PKK menggelar kegiatan Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), dengan sejumlah lomba masak antar ibu PKK kabupaten kota se-Provinsi Maluku Utara, yang berlangsung di gedung PKK Malut, Rabu (29/9/2022).

Staf Ahli Gubernur Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Provinsi Maluku Utara Ir Abuhari Hamzah yang membuka kegiatan tersebut menyebutkan, B2SA merupakan makanan yang dibutuhkan tubuh dengan jumlah seimbang antar kelompok berdasarkan cita rasa, daya cerna dan daya beli masyarakat.

Sampai saat ini kata Abuhari, pola konsumsi pangan masyarakat masih relatif belum memenuhi kaidah gizi seimbang. Konsumsi tanaman hortikultura terutama sayuran dan buah-buahan masih relatif rendah, begitu pula kualitas konsumsi protein karena sebagian besar berasal dari protein nabati, serta makanan dan minuman berkadar gula tinggi masih banyak dikonsumsi.

“Saya berharap melalui Lomba Cipta Menu Pangan Lokal B2SA ini, mampu menumbuhkan dan meningkatkan kreatifitas, inovasi dan minat masyarakat dan pelaku usaha UMKM di Provinsi Maluku Utara untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, dengan komposisi zat gizi yang seimbang,” ungkapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Utara Hj.Faoniah Djauhar Kasuba mengatakan Pola konsumsi Pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang sampai saat ini.

“Pola masyarakat belum memenuhi kaidah gizi seimbang. Konsumsi sayur dan buah buahan masih rendah begitu pula protein,” jelasnya.

Ketua PKK berharap jajaran PKK kabupaten kota agar aktif melaksanakan kampanye Pangan lokal bergizi seimbang dan aman serta halal kepada masyarakat.

“Tujuan lomba adalah meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap penerapan prinsip beragam bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan pangan lokal dan mendorong kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan pangan lokal, kita berharap ibu ibu di rumah dapat memperhatikan gizi seimbang untuk keluarga agar terhindar dari stunting,” ungkap Faoniah yang juga selaku ibu stunting ini.

Kepala Dinas Pangan Dheni Tjan bersama Staf Ahli Gubernur saat berfoto dengan para peserta cipta makanan pangan lokal

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Dheni Tjan menyebutkan sejauh ini upaya untuk mengkampanyekan gerakan konsumsi pangan lokal dengan memperhatikan gizi seimbang selalu disuarakan.

“Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional, dengan harapan menciptakan kesadaran kepada masyarakat,” singkatnya.

Diketahui, Kegiatan ini diikuti TP PKK dari 5 Kabupaten dan Kota yaitu Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Pulau Taliabu dan Kota Ternate dan pelaksanaan kegiatan ini atas kerjasama Dinas Pangan provinsi Maluku Utara, PKK, Badan Pangan Nasional dan National Agency.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL