Berikan Waktu Selesaikan Pelabuhan Hiri, Rus’an: Biar Saya Yang Pusing Jangan Wali Kota

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Baru saja dilantik, Kepala Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate, Rus’an M. Nur Taib langsung tancap gas memantau pelabuhan Hiri di Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Ternate Barat pada Kamis (25/08/2022). Ia juga meminta waktu untuk menyelesaikan pelabuhan Hiri di Tahun 2022.

Rus’an kepada media ini mengatakan, sebagai Kepala Dinas harus memantau langsung dilapangan guna memastikan satu pekerjaan tersebut. Seharusnya, seminggu sekali. Hanya saja, pekerjaan di Kota Ternate begitu banyak, sehingga dirinya mengatur waktu untuk melakukan pemantauan perlokasi atau wilayah.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M. Nur Taib Saat Meninjau Progres Pekerjaan Pelabuhan Hiri

“Agenda kemarin saya memantau di Kecamatan Pulau Hiri dan Pelabuhan Hiri di Sulamadaha. Sedangkan Minggu depan saya akan pantau ke Moti dan Bulan depan saya ke Batang Dua,” kata Rus’an pada Jumat (26/8/2022).

Ia menuturkan, pekerjaan lanjutan pelabuhan Hiri memang sudah dilakukan kontrak, tetapi belum berjalan. Olehnya itu, ia langsung ke lapangan untuk melihat dan memeriksan kendala dalam pekerjaan.

Setelah dilakukan pentauan, Rus’an mengaku, memang terdapat banyak kendala terutama lokasi pelabuhan terlalu sempit, kedalaman laut terbatas, sehingga metode pelaksanaan pekerjaan sedikit rumit.

“Lokasi sekitaran itu kan pasang surut, sehingga kita bekerja harus menunggu air laut naik atau pasang baru bisa dikerjakan. Karena kedalaman di sekitaran pelabuhan juga terlalu kecil,” ucapnya.

“Memang ini dibuat bukan untuk pelabuhan kapal tetapi untuk motor kayu. Sehingga untuk mendatangkan alat itu sangat sulit. Sehingga kami mencari cara untuk memakai ekskavator dan diapungkan menggunakan rakit untuk memasang itu,” tuturnya.

Meskipun begitu, mantan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Utara ini memastikan minggu depan sudah eksen, dan bulan depan sudah dimasukan tetrapod.

Ia menargetkan, pada bulan september ini pekerjaa pelabuhan hiri sudah harus rampung dikerjakan.
“Saya target sebelum September sudah bisa selesai, agar Pak Wali jangan pusing dengan itu. Bagi saya itu Pak Wali jangan pusing biar kami yang pusing, dan saya akan bekerja keras untuk menyelesaikan itu,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA