Sergio Akhirnya Lanjut Sekolah, Wali Kota: Wajib Bagi Warga Negara

 

TERNATE ,AM.com  – Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman menempati janji terhadap salah satu anak putus sekolah. Satu anak tersebut atas nama Sergio Pinang. Hal ini terlihat saat Wali Kota Ternate kembalikan anak tersebut di SMP Islam 1 Kota Ternate, di Kelurahan Ngidi, Kecamatan Ternate Tengah pada Selasa (23/8/2022).

Wali Kota mengatakan, sebelum melanjutkan sekolah-nya, yang bersangkutan harus mengikuti asesmen, karena harus melengkapi persyaratan yang diminta oleh sekolah.

Sebab melanjutkan anak putus sekolah, kata Wali Kota, harus melibatkan semua unsur, yakni Dinas Pendidikan , Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Dari unsur ini akan dilakukan pertemuan untuk di asesmen, terkait dengan kekurangan yang dimiliki. Secara tehnis kita serahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan,” ucapnya.

Sementara anak-anak putus sekolah di Kota Ternate, ia meminta, Pemerintah Kecamatan, dan Kelurahan segera diidentifikasi, karena masih banyak anak-anak putus sekolah yang belum beruntung melanjutkan sekolah-nya.

“Olehnya itu, saya menyampaikan melalui media ini, sehingga pihak Kecamatan dan Kelurahan segera bergerak guna memastikan apakah masih ada yang belum beruntung melanjutkan sekolah,” tuturnya.

Ia menyampaikan, Pemerintah wajib menyekolahkan anak putus sekolah karena itu perintah Undang-Undang. Sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 31 ayat 1 dan 2 UUD 1945.

“Anak-anak harus sekolah, itu wajib bagi seluruh warga negara,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA