Baru Menjabat, Kepala KSOP Bakal Tindak Kapal Tak Lengkapi Fasilitas Keselamatan

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Setelah kasus tenggelamnya KM. Cahaya Arafah di perairan Tokaka, Halmahera Selatan pada 18 Juli 2022 lalu. Membuat Capt. Alexander Seleng Allokendek sebagai Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate yang baru saja menggatikan Agustinus, menegaskan bakal tindak Kapal lintas Ternate yang tidak melengkapi fasilitas keselamatan.

Ia mengatakan, usai dilantik sebagai Kepala KSOP Kelas II Ternate, dirinya akan melihat kondisi pelabuhan di Ternate. Sebab, menurut Kepala KSOP sebelumnya kepada dirinya bahwa pihaknya sudah menjalankan sesuai aturan.

“Tapi nanti kita lihat sampai ke depan, karena gambaran saya belum kelihatan seperti apa,” ucap Alexander kepada Wartawan, Senin (22/8/2022).

Alexander menyebutkan, pihaknya akan terus membenahi setiap Kapal guna meningkatkan keselamatan saat pelayaran.

“Kami akan melihat seperti apa nanti kondisi kapal di Ternate,” tuturnya.

Ia menyampaikan, keamanan dan keselamatan itu seperti life jacket. Lanjut dia, jika Kapal lintas Ternate tidak melengkapi alat keamanan, maka langka awal dilakukan komunikasi dengan pemilik Kapal.

“Wajib bagi pemilik kapal untuk menyiapkan fasilitas keselamatan di atas kapal. Mau tidak mau kami akan menekankan semua kapal yang ada di sini, khusunya yang mengangkut penumpang,” sebutnya.

Selain itu Alexande menambahkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi, pengawasan, dan penindakan.

“Kalau pengawasan itu tidak dilakukan atau diindahkan, maka kita akan melakukan penindakan,” tandasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA