Fakultas Kedokteran Unkhair Sosialisasi Pencegahan Dispepsia ke Anak Usia Dini

TERNATE,AM.com – Fakultas Kedokteran Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat tentang Pencegahan Penyakit Dispepsia Sejak Dini kepada Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate, Selasa (16/8/2022).

Kegiatan edukasi kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pada siswa, tentang Penyakit Dispepsia sebagai upaya pencegahan sejak dini.

“Dispepsia merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering ditemui pada praktek sehari-hari. Diperkirakan hampir 30 persen kasus yang dijumpai pada praktek umum dan 60 persen pada praktek gastroenterology merupakan dispepsia,” kata dr. Ferdian Hidayat, Sp. B.,KBD. selaku dosen Fakultas Kedokteran.

Menurutnya, penyakit dispepsia adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut bagian atas atau ulu hati.

“Dispepsia atau biasa dikenal dengan Maag merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas dan bila tidak ditangani dengan baik dapat berakibat fatal,” ungkapnya.

Dokter Ferdian bilang, kesadaran masyarakat Indonesia yang masih sangat rendah mengenai pentingnya menjaga kesehatan lambung, serta pengetahuan yang kurang tentang penyakit dispepsia menjadi satu permasalahan dalam mencegahnya.

“Untuk itu perlu ditanamkan sejak dini mengenai penyebab penyakit ini dan pencegahannya. Oleh karena itu, tim dosen Fakultas Kedokteran Universitas Khairun melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang Pencegahan Penyakit Dispepsia Sejak Dini Melalui Edukasi Kesehatan Kepada Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate,” jelasnya.

Tindakan yang dapat dilakukan, kata Dokter Ferdian adalah dengan asuhan keperawatan komunitas dan keluarga. Keperawatan komunitas dan keluarga merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan yang mengutamakan pelayanan promotif dan preventif tanpa mengabaikan perawatan kuratif dan rehabilitatif kepada individu, keluarga, kelompok serta masyarakat khususnya di SMP Negeri 1 Kota ternate.

“Tindakan penatalaksanaan tersebut merupakan suatu cara untuk mengurangi angka mortalitas dan morbiditas penyakit dispepsia, sehingga diharapkan adanya perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih baik dalam pencegahan dispepsia,” ujarnya.

Harapan dari kegiatan ini menurut dr. Ferdian Hidayat, Sp. B.,KBD yaitu, mampu memberikan pemahaman yang mendalam tentang tanda dan gejala penyakit dispepsia dan penanganannya.

“Sehingga dapat mencegah dan meningkatkan kesehatan yang produktif di masyarakat melalui para siswa dan Siswi di SMP Negeri 1 Kota Ternate,” harapnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA