Dinas ESDM Malut Kembali Bangun Penerang Jalan Tenaga Surya

 

SOFIFI,AM.com – Pemanfaatan energi surya sebagai sumber listrik menjadi pilihan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Utara (Malut), untuk membuat lampu penerang jalan.

Tahun 2022 ini Dinas ESDM kembali  mengadakan puluhan penerang jalan umum tenaga surya  (PJU TS di) di tiga kabupaten dan satu kota. Disertai merevitalisasi juga PJU TS di jalan Sofifi, Ibu kota provinsi Malut.

“Ada empat daerah yang dapatkan itu, diantaranya Kota Ternate, Kabaputen Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Pulau dan  Taliabu,” kata Kepala Dinas (Kadis) ESDM Malut, Suryanto Andili saat ditemui di ruangan kerjanya. Senin (15/8/2022).

Menurutnya, dari total 26 unit PJU TS itu, diberikan kepada empat daerah dengan jumlah yang berbeda-beda. Untuk Kota Ternate diberikan 12 unit, Halbar 3 unit, Halsel 5 unit, dan Taliabu 6 unit.

“Kami juga merevitalisasi 42 JPU TS di jalan Sofifi. Sehingga secara keseluruhannya ialah 68 unit PJU TS yang bakal direalisasi tahun ini,” jelas lelaki yang sering disapa Anto Andili itu.

Selain itu, Anto juga menjelaskan soal kinerja bidang kelistrikan yang pada tahun ini juga akan memberikan bantuan instalasi listrik kepada warga yang tidak mampu.

“Sementara ini sudah proses tender, kita akan bantu untuk instalasi dan menyalurkan listrik ke masyarakat,” ungkapnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA