Sekprov Dorong Rumah Produksi Bersama Khusus UMKM

SOFIFI, AM.com – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir untuk pemulihan ekonomi di masa covid -19 maka kedepan akan didorong pembangunan Rumah produksi bersama bagi pelaku Usaha mikro kecil menengah  (UMKM).

Ini disampaikan saat pembukaan pameran produk UMKM di jalan 40 Kilometer Sofifi dalam rangka menyambut HUT Kemeredekaan negara Republil Indonesia yang ke 77.Pembukaam Pameran UMKM ditandai dengan pemotongan pita pada Jumat (12/8/2022.

“Supaya kita juga tau siapa yang punya produk – Produk itu maka kita buatlah pameran dengan begitu mereka mendaftar untuk ikut pameran inin”,Kata Sekprov Samsuddin A. Kadir.

Menurutnya, dengan menurunnya angka kasus covid-19 maka yang harus dipacu dalam pemulihan ekonomi nasional adalah UMKM yang paling banyak terpulul dalam situasi ini.

Oleh karena itu, Pemprov Maluku Utara dalam menyambut mumentum peringatan 17 Agustus menggelar pameran untuk produk UMKM.

Dari Pameran UMKM ini ternyata baru diketahui ada yang bisa biat pizza dengan begitu bisa mengetahui potensi produksi yang ada di masyarakat Maluku Utara (Malut) yang kemudian nanti dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Disentil kata kemasan yang harus perbaiki, Sekprov mengaku, kemasan itu hanya mengemas isinya namun demikian produksi di perbanyak dulu karena walaupun dibuat rumah kemasan dengan adanya barang yang di produksi tetapi sudah banyak yang kemasan sudah bagus.

“Meskipun ada sedikit yang harus diperbaiki tentunya menjadi tugas Dinas untuk berkordinasi baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk dorong agar tampilan menjadi bagus, kemanan barang dalam kemasan baik dan yang mengetahui kriteria itu tim kurasi,”terang Samsudin.

Disebutkan sebelumnya sudah dikakukan kurasi dan ada 15 produk UMKM yang lolos.

Duakui memang salah satu yang sulit bahwa rumah produksi tidak bisa Gabung dengan rumah itu salah satu persyaratan dari Kurasi itu sehingga sudah dibicarakan dengan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM nanti kalau disuatu tempat sudah ada beberapa produsen maka akan dibuat rumah produksi bersama bagi UMKM sehingga tidak berada di rumah masing-masing karena itu menjadi syarat dari kurasi itu.

“Jadi nanti yang mana yang menjadi syarat kita dorong kita bantu,”pungkasnya, seraya berharap dengan pameran ini memacu kembali baik dari pemerintah dan unsur masyarakat dari pengusaha kecil ini untuk didorong produksi – produksinya.

Sekadar diketahui dalam pembukaan pameran Pemerintah Maluku Utara secara simbolis membagikan Bendera merah putih melalui gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih kepada sejumlah pengendara Becak Motor (Bentor), Tukang Ojeg dan masyarakat di bundaran jalan 40 ibukota Sofifi, Maluku Utara .

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA