Diknas Kepsul Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Penguatan Mutu Pendidikan

 

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com– Dinas Pendidikan Nasional Kepulauan Sula (Diknas Kepsul), telah menggelar kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Penguatan Mutu Pendidikan di Istana Daerah, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana. Selasa, (9/8/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Sula (Kadiknas Kepsul), Rifai Haitami dalam sambutannya menyampaikan, Platform Merdeka Mengajar (PMM) memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya, kapanpun dan di manapun guru berada.

“Fitur belajar pada platform merdeka mengajar memberikan fasilitas pelatihan mandiri kepada guru dan tenaga kependidikan untuk dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri,” ucap Rifai.

Rifai bilang, guru dan tenaga kependidikan dapat membangun portofolio hasil karyanya, agar siswa dapat berbagi inspirasi dan berkolaborasi, sehingga guru dapat maju bersama. Paltform merdeka mengajar yang dikembangkan, diharapkan mampu menjadi partner guru dalam implementasi kurikulum merdeka dengan semangat kolaborasi dan saling berbagi konten-konten yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek, memberikan pemahaman lebih saat implementasi dan pembelajaran di satuan pendidikan yang telah ikut serta dalam implementasi kurikulum merdeka belajar.

“Yang diharapkan dari peluncuran kurikulum merdeka belajar dan paltform merdeka mengajar adalah untuk dapat mendorong dan meningkatkan mutu pendidikan secara utuh di setiap satuan pendidikan, dikarenakan peserta didik memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya. Sedangkan guru, mereka akan mengajar akan sesuai tahapan capaian dan perkembangan peserta didik. Sementara sekolah untuk memiliki kewenangan untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik,” tutupnya.

Sekedar informasi, yang dapat memberikan materi Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar, yaitu sebagai berikut:

  1. Dr. Muamar Abd Halil, M.Pd (Ketua Umum Forum Dosen Indonesia Wakil Ketua P2KP Unkhair),
  2. Dr. Taslim D. Nur, M.Pd (Sekretaris P2KP Unkhair Asesor BAN-PAUD),
  3. Dr. Ali Ajam, M.Pd (Ketua ALTI Malut /Ketua Bidang Pengabdian P2KP),
  4. Dr. (Can) Zulkifli Ahmad, M.Sc (Ketua IGI Malut / Ketua JSDI Malut),
  5. Dr. Hery Suharna, S.Pd., M.Sc., M.Pd (Asesor Nasional Lamdik BAN-PT RI /Sekretaris Senat FKPI). (Am)
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA