STAI Babussalam Sula MoU dengan Kemenag, ini Pembahasannya!

 

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com-Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Babussalam Sula Maluku Utara, melakukan kesepakatan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepulauan Sula. Kamis, (28/7/2022).

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kepulauan Sula dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag, Saiful Djafar Arfa, Ketua STAI Babussalam Sula, Sahrul Takim, Kasubbag TU, Yamin Jull, Kasi Pendis, Boby Fachrudin, Kasi Bimas, Safruddin Sapsuha, Kasi Pakis, Syamsuddin Nuhuyanan, Ketua LPM STAI Babussalam Sula, Syahbuddin Lumbessy, Ketua Jurusan Tarbiyah, Fahria Umasugi, Ketua Jurusan Syariah, Hamza Umasugi, Kepala Madrasah Aliyah, Kepala Madrasah Tsanawiyah, Kepala Madrasah Ibtidaiyah se-Kepulauan Sula, serta para dosen STAI Babussalam Sula.

Ketua STAI Babussalam Sula, Sahrul Takim, dalam sambutannya mengatakan, MoU kali ini dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan guru agama dan madrasah, khususnya dibidang pendidikan. Sedangkan di bidang penelitian, STAI Babussalam Sula mengajak guru yang hendak naik pangkat untuk membuat tulisan ilmiah dan terbitkan pada Jurnal STAI Babussalam pada setiap periode penerbitan di bulan Juni dan September.

“Sementara di bidang pengabdian, kami meminta kepada pihak Kemenag Kepulauan Sula, khususnya pihak Kantor Urusan Agama dan Pihak Madrasah untuk terbuka menerima mahasiswa kami yang melakukan praktikum, baik jurusan Syariah dan Tarbiyah serta turut mengsupport kegiatan pengabdian lain, seperti sosialisasi zakat dan infaq, sosialisasi pembagian harta waris, ceramah, khutbah, dan lainnya,” pintanya.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Sula, Saiful Djafar Arfa dalam sambutannya menuturkan, salah satu kelemahan dari pendidikan bagi guru di madrasah yang ada di kepulauan Sula saat ini adalah melakukan penelitian.

“Karena madrasah adalah lembaga pendidikan ilmiah, maka kewajiban melakukan riset sangat penting agar pendidikan kita tidak stagnan,” katanya.

Saiful berharap kepada kepala madrasah agar selesai menyelenggarakan ujian semester, menyampaikan kepada guru-guru untuk mempublikasikan karya tulisan ilmiah.

“Kami himbaukan kepada kepala-kepala madrasah dan KUA untuk menerima mahasiswa dalam melakukan praktikum di lembaga masing-masing dan harus lebih baik. Mari kita manfaatkan STAI Babussalam Sula Maluku Utara sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Kepulauan Sula untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya dalam bidang keagamaan.

Sekedar diketahui, sebelumnya STAI Babussalam Sula juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa instansi, seperti pihak Bank, Polres Kepulauan Sula dan BAZNAS Kepulauan Sula. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA