spot_imgspot_img

Pastikan Distribusi Lancar, Dinas Pangan Gelar Rakor se-Malut

SOFIFI,AM.com – Dinas Pangan Provinsi Maluku Utara menggelar rapat koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan distribusi pangan tahun anggaran 2022, yang berlangsung di aula Penginapan Yusmar Sofifi, Selasa (26/7/2022).

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh  Kepala Dinas Pangan beserta  Bidang Distribusi  dari Kabupaten Kota se Provinsi Maluku Utara, dibuka oleh Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Abuhari Hamzah.

“UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, mengamanatkan bahwa penyelenggaraan pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan berdasarkan Ketahanan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Kedaulatan Pangan,” kata Abuhari.

Menurutnya, lingkup penyelenggaraan pangan mencerminkan luasnya cakupan pembangunan pangan nasional, dan tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, diperlukan dukungan dan peran serta masyarakat untuk mewujudkannya.

“Ketersediaan, keterjangkauan dan akses atau distribusi pangan merupakan penyelenggaraan pangan yang terintegrasi konektivitas yang sinergis dengan lintas sektor terkait dalam memenuhi kebutuhan pangan, begitu juga perhatian kita terhadap mutu, gizi dan keamanan pangan sehingga dapat menciptakan stabilitas keamanan nasional,” ungkapnya.

Abuhari bilang, badan atau Dinas Pangan sebagai leading sektor, Pelaksanaan Koordinasi dan Sinkronisasi mempunyai nilai yang strategis dalam rangka sinergitas program dan kegiatan pada wilayah kepulauan terutama pada keterjangkauan, akses dan distribusi pangan.

“Saya berharap Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Distribusi Pangan, dapat menghasilkan rumusan dan keputusan dalam penyelenggaraan pangan melalui sinergitas program/kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi masyarakat Maluku Utara, demi mewujudkan Ketahanan, Kemandirian dan Kedaulatan Pangan,” harapnya.

Kepala Dinas Pangan, Dheni Tjan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan, Dheni Tjan mengungkapkan rapat koordinasi ini mengundang Dinas Pangan Kabupaten Kota se-Provinsi Maluku Utara untuk  melihat sejauh mana pelaksanaan distribusi pangan di Provinsi Maluku Utara.

“Terutama distribusi pangan antara kabupaten kota, dan bagaimana distribusi pangan dari dan keluar Maluku Utara, serta dari luar daerah yang masuk ke Maluku Utara,” ungkapnya.

Selain itu, rapat tersebut juga untuk mengetahui masalah distribusi pangan dan kendala yang dihadapi, serta mendapatkan data distribusi antar kabupaten dan kota, termasuk juga komoditas apa saja.

“Yang kita lihat alur distribusi, bagaimana supaya kita mengetahui kendalanya seperti apa, kemudian nanti kita mengintervensi kebijakannya seperti apa,” ungkapnya.

Selain itu, dari rapat ini dapat mengetahui pikiran dan kebijakan kabupaten kota, serta menjalin koordinasi dan sinkronisasi, termasuk juga  untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan yang ada di Maluku Utara.

“Nanti kita evaluasi kondisi distribusi saat ini dan tahun-tahun kemarin dan bagaimana kedepannya seperti apa, maka itu perlu untuk menyatukan persepsi, pikiran dan langkah kita sehingga kita bisa sinkron dengan kabupaten kota dan provinsi,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL