spot_imgspot_img

Bappelitbangda dan Unkhair Berkolaborasi Buat Buku Cengkih di Kota Ternate

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Badan Perencanaan Pembangunan, Penilitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan atau Litbang berkolaborasi dengan Universitas Khairun (Unkhair) Kota Ternate dalam pembuatan buku tentang Cengkih di Kota Ternate: Perspektif Sejarah dan Budaya.

Sehingga tim penelitian Unkhair Ternate melakukan seminar akhir penelitian di Kantor Bappelitbangda Kota Ternate dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, serta Disperindag Kota Ternate pada Selasa (19/7/2022).

Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly mengatakan, pertemuan itu untuk mempresentasikan proses penelitian tentang cengkih di Kota Ternate. Presentasi ini dihadiri oleh sejumlah OPD lingkup Pemerintah Kota Ternate, karena menggerakan Ternate Kota Rempah butuh sinergitas antar OPD dan stakeholder, agar bisa memperkuat kota rempah.

“Tadi diadakan presentasi hasil penelitian oleh teman-teman Unkhair terkait denga cengkih di Kota Ternate, dilihat dari perspektif Sejarah dan Budaya. Ini salah satu penelitian yang difasilitasi oleh Bappelitbangda melalui Bisang Litbang terkait dengan memperkuat narasi Ternate sebagai Kota Rempah,” jelasnya.

Ia menyampaikan, tujuan penelitian ini, pertama terdokumentasinya cengkih sebagai komoditi khas Kota Ternate. Kedua, tersusunnya draf buku tentang cengkih di Kota Ternate. Ketiga, mendukung program city branding oleh Pemerintah Kota Ternate.

Sedangkan maksud dari penelitian, lanjut Rizal, pertama mendukung Pemerintah Kota Ternate dalam pengadaan dan penyebarluaskan informasi tentang rempah, terutama cegkih, untuk program city branding.

Kedua, menambah dokumentasi salah satu komoditi khas Ternate dan tercatat dalam Sejarah Dunia. Ketiga, melakukan penelitian dalam rangka penyesunan draf buku tentang cengkih sebagai komoditi khas dan andalan Kota Ternate.

“Ternate ini sudah jadi Kota Rempah maka untuk memperkuat kekuatan branding itu sendiri adalah simpul-simpul ekonomi yang akan memberi nilai tambah bagi masyarakat kita. Sehingga, tadi saya memberikan masukan bahwa kami akan membuat tempat penelitian, karena berbicara tentang cengkih harus berbicara Ternate,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL