Iqbal M.A Ali Pimpin Masyarakat Ekonomi Syariah Malut

TERNATE,AM.com – Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Maluku Utara resmi memiliki ketua baru, Iqbal M.Aris Ali yang dipilih secara aklamasi pada Musyawarah wilayah MES malam tadi di gedung Tasbaq Ternate, Senin (18/7/2022).

Iqbal terpilihnya dari hasil musyawarah yang mengangkat tema ‘Sinergitas dan Kolaborasi Membangun Ekosistem untuk Pembangunan Ekonomi Syariah Maluku Utara’  untuk periode tahun 2022-2025.

Dengan demikian maka berakhirlah masa periode 2018-2021 dibawah kepemimpinan Chairul M. Zein Arief yang kini diamankan oleh DPP MES sebagai Koordinator wilayah Indonesia Timur.

“MES ini adalah perkumpulan yang telah menjadi katalisator untuk menggerakkan perekonomian berbasis syariah di Maluku Utara, dan Alhamdulillah kita telah berhasil mendorong sejumlah pengembang ekonomi syariah di Maluku Utara,” ungkap Chairul.

Menurutnya, dari peran MES Malut telah berhasil mendorong sejumlah kegiatan seperti pembangunan pasar syariah di Kelurahan Sasa, Kota Ternate. Dan terlibat dalam pembentukan Bang Perkreditan Rakyat Syariah Bahari Berkesan, serta berpartisipasi lahirnya sejumlah program studi yang mengkaji soal ekonomi syariah di Ternate.

“MES tidak berorientasi profit, sehingga upaya upaya literasi dan diskusi untuk mengembangkan ekonomi syariah kita berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun perguruan tinggi dan pelaku usaha,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua terpilih Iqbal M.A Ali menyebutkan dasar infrastruktur yang sudah ditanamkan oleh pengurus sebelumnya itu akan diteruskan dengan pengembangan sumberdaya insani.

“Ekonomi syariah ini basisnya adalah adil, yang merupakan kebutuhan semua orang baik muslim maupun non muslim menginginkan keadilan, olehnya itu kita akan tingkatkan lagi peran ekonomi syariah diberbagai sektor,” ungkap Iqbal yang juga seorang Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate ini.

Iqbal bilang, pengembangan sumberdaya insani yang dilakukan berupa kegiatan literasi syariah ke masyarakat, sekaligus mengoptimalkan dasar infrastruktur yang sudah dibangun.

“Kita harapkan kedepannya ekonomi syariah di Maluku Utara makin maju dan tersosialisasi dengan baik serta berlaku inklusif di berbagai link kehidupan,” harapnya. (0ng)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA