Alumni Luwuk Ajak Pemda Kembangkan Wisata Taliabu

Reporter: Slamet

BOBONG,AM.com –Alumni Pelajar dan Mahasiswa Luwuk mengajak seluruh pihak terutama pemangku kepentingan (stakeholder) agar lebih fokus dalam pengembangan pariwisata daerah Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab).

Ketua Panitia Reuni Akbar, Imsan mengatakan semua pihak harus bisa bekerja sama memajukan industri pariwisata karena potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pultab masih sangat besar untuk di kembangkan.

“Potensi objek wisata di Pultab itu sangat banyak, hanya mungkin masih kurang fokus. Di sinilah pentingnya kolaborasi dari semua stakeholder dalam memajukan pariwisata daerah kita,” ujarnya.

Selain itu, Karnudin La Kudu mengatakan dalam memajukan pariwisata dibutuhkan kolaborasi antar semua pemangku kepentingan di dalamnya, bukan hanya menjadi tanggung jawab dari pemerintah, melainkan unsur masyarakat lainnya juga.

Ia menyatakan potensi wisata daerah yang jauh dari pusat ibu kota Kabupaten Pultab umumnya jarang tersentuh oleh pelaku pariwisata dan bahkan dalam hal sosialisasi pun sangat kurang.

“Kalau kita mau satukan persepsi dan langkah, pasti pariwisata kita akan bangkit. Tidak bisa kita sendiri yang ambil bagian tapi tentunya dengan memiliki legalitas dalam industri ini. Seperti keterlibatan asosiasi serta komunitas ekonomi kreatif sehingga menjangkau lapisan bawah dalam pengembangan potensi wisata,” katanya.

Ia menerangkan jika dalam memajukan industri pariwisata bukan hanya sekadar menjadikan suatu daerah terkenal, melainkan bagaimana membuat para wisatawan yang berkunjung memiliki kesan baik di daerah yang mereka kunjungi.

“Kita kan tidak mau Taliabu ini hanya dikenal tapi tidak ada kesan baik yang timbul, olehnya itu peran asosiasi sangat penting baik sebagai penggerak atau pun pelatih bagi para pelaku ekonomi kreatif bawah sehingga dalam hal penjualan jasa nantinya menimbulkan perasaan puas bagi wisatawan yang berkunjung,” terangnya.

Selain itu, Karnudin mengaku jika pemerintah daerah juga hendaknya fokus dalam pemenuhan sarana pendukung di tempat wisata seperti penyediaan toilet jongkok dan duduk, air bersih, penerangan, kebersihan serta lainnya.

Ia pun menyebutkan jika titik wisata di Taliabu masih sangat banyak namun karena kurangnya informasi yang sampai pada masyarakat sehingga hanya beberapa daerah yang terkenal.

“Kalau kita mau bertanya atau survei, pasti banyak orang yang hanya kenal pasir Anjing di Taliabu Utara, Tapi daerah lainnya, banyak lebih menarik tapi belum terlalu dikenal. Nah di sini peran kita semua,” ucapnya.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA