Bahasa Daerah Sula Akan Dimasukkan dalam Mata Pelajaran Mulok

 

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com-Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara (Malut) telah melakukan kegiatan Pelatihan Tunas Master Bahasa Ibu Revitalisasi Bahasa Sula di Kepulauan Sula, bertempat di Hotel Beliga Desa Fagudu, Kecamatan Sanana. Rabu, (13/7/2022).

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, yakni Guru-guru dari SD, SMP, dan beberapa Komunitas di Kepulauan Sula.

Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Sula (Kadiknas Kepsul), Rifai Haitami mengaku, sebelumnya sudah mengikuti kegiatan terkait dengan revitalisasi bahasa daerah di Kota Ternate.

“Kegiatan ini, kami telah ikuti dan diundang di kota Ternate pada tanggal 5 Juli kemarin. Dan melahirkan rekomendasi dan MoU (Memorandum of Understanding) di empat Kabupaten Kota, yang mana bahasa daerahnya direvitalisasi, termasuk di Kepulauan Sula,” ungkapnya saat diwawancarai awak media.

Kata Rifai, bahasa daerah Sula akan dimasukkan dalam mata pelajaran Muatan Lokal. Menurutnya, bahasa daerah Sula sangat penting, karena saat ini bahasa daerah Sula mengalami angka penurunan partisipasi.

“Kami dari Dinas Pendidikan saat ini sedang melaksanakan perencanaan kegiatan bahasa daerah dimasukkan dalam mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) yang saat ini DPRD sudah menyetujui Perda (Peraturan Daerah), kami tinggal menunggu Perda tersebut. Revitalisasi bahasa daerah Sula ini kami menganggap sangat penting, karena terjadi penurunan angka partisipasi penggunaan bahasa daerah, khususnya di kalangan milenial, baik di usia 15 tahun sampai 24 tahun,” paparnya.

Rifai mengajak semua pihak untuk aktif dalam memberikan dukungan dan melestarikan bahasa daerah Sula.

“Bahasa daerah Sula merupakan jati diri yang perlu kita lestarikan dari generasi ke generasi. Tentunya membutuhkan partisipasi dan dukungan dari Dinas Pendidikan, Pemerintah Daerah untuk bagaimana bisa ikut serta dalam melestarikan bahasa daerah,” imbuhnya. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA