Ternyata Harita Nickel Salurkan Hewan Qurban 24 Ekor Sapi

Dirman Umanailo

HALSEL, AM.com – Perusahaan pertambangan dan hilirisasi Harita Nickel menyalurkan hewan qurban sebanyak 24 ekor sapi kepada masyarakat dalam rangka merayakan Hari Raya Iduladha 1443 H. Puluhan hewan kurban tersebut didistribusikan di Kabupaten Halmahera Selatan dan Kota Ternate.

Penyaluran hewan qurban ini merupakan program tahunan Harita Nickel dalam rangka berbagi dengan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Head of External Relations Harita Nickel, Stevi Thomas, menyatakan penyaluran puluhan ekor hewan qurban ini merupakan wujud ungkapan syukur dan kepedulian Harita Nickel kepada masyarakat sekitar operasional perusahaan.

Di samping itu, kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya para peternak sapi serta membangun sinergi bersama masyarakat.

“Melalui penyaluran hewan qurban ini diharapkan masyarakat sekitar operasional perusahaan merasakan manfaat secara langsung keberadaan Harita Nickel serta terjalinnya kedekatan sosial yang erat antara perusahaan dan masyarakat,” kata Stevi.

Proses distribusi hewan qurban telah berlangsung sepekan sebelum hari raya. Sebanyak 20 ekor sapi didistribusikan di Kabupaten Halmahera Selatan, tepatnya di Kecamatan Obi, Kecamatan Obi Selatan, Kecamatan Obi Timur, dan Kecamatan Bacan.

Sementara 4 ekor sapi lainnya diserahkan di Kota Ternate. Seluruh hasil qurban dibagikan kepada kepada masyarakat kurang mampu, terutama kalangan lanjut usia (lansia).

Masyarakat Desa Kawasi, Kecamatan Obi, merupakan salah satu pihak yang menerima hewan qurban dari Harita Nickel. Ketua Panitia Kurban Desa Kawasi, Kamarrudin Lewer, bersyukur dengan adanya dukungan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Harita Nickel yang telah menyumbangkan 1 ekor sapi untuk masyarakat Desa Kawasi. Semoga bantuan kurban ini dapat bermanfaat bagi mereka yang berhak menerima dan membutuhkannya,” ujar Kamarrudin.

Ia menambahkan, sistem penyerahan daging kurban dilakukan menggunakan kupon yang sebelumnya telah dibagikan kepada masyarakat.

Pihak panitia mengutamakan masyarakat yang renta secara kesehatan dan ekonomi. Menurutnya, bantuan daging kurban ini sangat berarti bagi masyarakat sekitar, terutama untuk memperbaiki kualitas gizi.

Di Kota Ternate, salah satu pihak yang digandeng Harita Nickel dalam mendistribusikan hewan kurban adalah insan pers Maluku Utara. Mereka membagikan daging hasil kurban kepada wartawan lansia, keluarga dari wartawan yang telah meninggal dunia, serta masyarakat umum yang membutuhkan.

Pemimpin Redaksi Halmahera Raya, Asri Fabanyo, mengucapkan apresiasinya terhadap program ini.

“Kami berterima kasih kepada HARITA Nickel yang telah mengikutsertakan rekan-rekan wartawan dalam program sosial ini. Semoga dengan adanya kegiatan kurban, dapat lebih meningkatkan semangat kita untuk terus berbagi dan bermanfaat bagi sesama,” ujar Asri yang juga merupakan Plt. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku Utara.

Asri menambahkan, peringatan Iduladha perlu dimaknai sebagai momen memperkuat keikhlasan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

“Pada peringatan Iduladha ini, saya berharap rekan-rekan wartawan juga dapat memperkuat keikhlasan dan rasa rela berkorban, terutama dalam menjalani tugas dan fungsinya sebagai pers yang senantiasa mencari dan menyampaikan informasi,” ujar Asri.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA