Biro Ekonomi Gelar Rapat Sinkronisasi Kebijakan Pertanian dan Kelautan Perikanan

Reporter: Ong Rasai

SOFIFI,AM.com – Rapat koordinasi sinkronisasi dan evaluasi kebijakan pertanian, kelautan & perikanan pasca pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh Biro Perekonomian Setda Provinsi Maluku Utara, yang berlangsung di aula Yusmar Hotel Sofifi, Rabu (6/7/2022).

Kepala Biro Perekonomian Setda Malut, DR. Marwan Polisiri menyebutkan kegiatan ini penting dilakukan, untuk mengetahui sejauh mana dampak dari arah kebijakan pemerintah daerah dalam sektor pertanian dan perikanan dalam membangkitkan perekonomian Maluku Utara.

“Apalagi saat ini bisa dikatakan pasca pandemi COVID-19 sehingga geliat pembangunan sektor pertanian dan perikanan yang beberapa tahun ini lesuh, sehingga kita perlu untuk melakukan sinkronisasi di dua sektor ini yang menurut saya sangat penting dan bersentuhan langsung dengan masyarakat banyak,” ungkap Marwan.

Menurutnya, dengan dasar itulah diundang sebagai pembicara Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan untuk memaparkan capaian kinerja yang disaksikan oleh perwakilan dinas terkait dari seluruh kabupaten kota.

“Kita di biro ekonomi ini sifatnya bukan teknis tetapi bagaimana mengkoordinir dan merumuskan kebijakan strategis yang akan disampaikan ke Pak Gubernur,” kata mantan Kepala Bappeda Kota Tidore Kepulauan ini.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Muhtar Husen memaparkan sejumlah capaian dan penyaluran bantuan ke kabupaten kota yang telah dilakukannya.

“Sejumlah bantuan baik infrastruktur, alat dan bibit telah kita salurkan ke masyarakat, baik untuk pertanian maupun peternakan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan, Sugiarsono yang menyebutkan sejumlah angka capaian yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir.

“Mewakili Kadis yang berhalangan hadir, dapat saya sampaikan bahwa kita terus berupaya untuk menggerakkan sektor perikanan Maluku Utara agar lebih baik lagi, salah satunya dengan pembinaan nelayan serta pemberantasan ilegal fishing,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Barat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai, serta perwakilan dari Kabupaten Kota se-provinsi Maluku Utara. (0n9)

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA