Ini Penjelasan Rizal Tentang Penataan di Belakang Jatiland Mall Ternate

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Pusat kuliner belakang Jatiland Mall Ternate, akan ditata kembali oleh Pemerintah Kota Ternate dengan sumber anggaran dari APBD Tahun 2022 dan Dana Tugas Pembantuan dari APBN melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, persiapan penataan kembali pusat kuliner belakang Jatiland Mall telah tercantum dalam pagu anggaran 2022. Sedangkan proses lelang, lanjut dia, sudah hampir rampung.

Subtansi dari program kegiatan ini, tutur dia, untuk pemulihan ekonomi, dan ini merupakan harapan Wali Kota Ternate.

“Semoga proses lelang bisa berjalan lancar, jika sudah ada penetapan pemenangnya, berarti penataan sudah mulai,” ujarnya.

Rizal bilang, kenapa harus ditata kembali karena belakang Jatiland Mall sudah tidak higienis, maka dari itu Pemerintah mengalokasikan anggaran dalam APBD 2022 sekitar Rp 6 Miliar untuk penataan pusat kuliner tersebut.

Rizal menyampaikan, penataan ini dimulai dari samping pelabuhan Speedboat Ternate-Sidangoli atau disisi kanan jalan, kemudian belakang Ditrekrimum Polda Maluku Utara, mulai dari WC hingga unjung jembatan, dan penataannya, cukup satu sisi menghadap ke laut.

Sedangkan pedagang terang bulan dan pedagang lainnya disepanjang trotoar akan dipindahkan ke sisi utara, tepatnya samping BCA.

“Nanti kita bermohon kepada pihak manajemen Jatiland Mall, untuk membuka lokasi sekitar 6 Meter, kemudian disitu kami akan buat satu jalur masuk, keluarnya dari samping Jatiland Mall,” sebutnya.

Selanjutnya, lokasi pedagang di sepanjang trotoar itu akan dijadikan Open Space atau pemanfaatan ruang terbuka untuk masyarakat bersantai. Tempat itu, juga bakal dibuat panggung pentas seni.

“Agar teman-teman bisa akustik. Kemudian kita bisa memperdayakan pengamen dilokasi tersebut, jadi sisi timur itu murni untuk bersantai,” tuturnya.

Selain itu, Rizal menuturkan, pentaan ini bersumber dari APBD dan Dana Tugas Pembantuan dari APBN melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate.

“Tahun ini harus diselesaikan, agar pusat ekonomi terpadu kita bisa dibenahi secara perlahan-lahan, ini akan menjadi pusat ekonomi baru bagi masyarakat Kota Ternate,” ucapnya.

Sementara itu, kata Rizal, pedagang disekitaran lokasi pembongkaran akan diundang untuk rapat di Kantor Bappelitbangda, guna menyampaikan terkait penataan kembali lokasi di belakang Jatiland Mall Ternate.

“Supaya kita bangun jangan ada konflik, karena ini demi kepentingan kita semua,” pungkasnya.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA